Sekolah Tak Boleh Tahan Kartu UN Siswa

oleh -3 views
Ilustrasi (lensaindonesia.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (lensaindonesia.com)
Ilustrasi (lensaindonesia.com)

SISWA SMA/SMK di Kabupaten Bandung dipastikan bisa mengikuti Ujian Nasional (UN) pada 14 – 17 April mendatang. Jumlah peserta UN SMA/SMK di Kabupaten Bandung yang akan mengikuti UN sebanyak 11.533 siswa SMA dan 10.855 siswa SMK.

Kepala Disdikbud Kabupaten Bandung, Agus Firman mengatakan, sejak 17 Maret lalu, semua siswa telah melaksanakan tahapan ujian Sekolah (US) yang akan memengaruhi penilaian kelulusan UN.

“US sudah digelar sejak 17 sampai 22 Maret. US merupakan tahapan dari UN. UN akan dilaksanakan setelah masa pemilihan caleg untuk tingkat SMA/SMK,” kata Agus Firman, Jumat (21/3/14).

Nilai US, kata Agus, akan memengaruhi kelulusan UN. Nilai mata pelajaran US paling rendah yakni 5,5. Sedangkan nilai semua mata pelajaran di UN paling rendah 4,0.

“Nilai US ini nantinya akan digabungkan dengan UN. Untuk bobotnya sendiri nilai US 40 persen. Sedangkan nilai UN 60 persen,” jelasnya.

Sebanyak 107 SMA dan 99 SMK akan digunakan sebagai lokasi UN. Pihaknya menjamin semua siswa bisa mengikuti UN. Sekolah tidak dibenarkan menahan kartu ujian dengan alasan siswanya belum membayar biaya ujian.

“Semua siswa SMA dan SMK wajib mengikuti UN. Sekolah tidak boleh menahan kartu ujian siswa jika ada siswa yang belum melunasi masalah keuangan,” ujarnya.

Disdikbud menargetkan seluruh siswa SMA dan SMK bisa lulus 100 persen pada tahun ini. Target tersebut dinilai realistis sebab pada tahun lalu seluruh siswa bisa lulus 100 persen. Namun semua itu bisa terwujud asal ada usaha dari para siswa.

Kabid SMA/SMK Disdikbud, Marlan Nirsyamsu menambahkan, untuk titik bongkar naskah soal UN SMA/SMK di Kabupaten Bandung akan dilaksanakan di SMAN 1 Baleendah atau SMAN 1 Margahayu. Kedua lokasi tersebut sudah rutin menjadi tempat penyimpanan naskah.

“Jika di Baleendah banjir, naskah soal akan disimpan di SMAN 1 Margahayu,” ujar Marlan.

Secara teknis, kata Marlan, seluruh SMA dan SMK di Kabupaten Bandung telah siap menggelar UN. Bahkan semua persiapan sudah dilakukan oleh sekolah masing-masing.(inilahkoran.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.