Sekolah Harus Bimbing Siswa Daftar SNMPTN

Thursday 06 February 2014 , 3:32 AM
Ilustrasi : UNPAD sosialisasi SNMPTN

Ilustrasi : UNPAD sosialisasi SNMPTN

SEJAK beberapa tahun lalu, pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dilakukan secara online. Sekolah memegang peran kunci dalam proses ini.

Kepala Dinas Pendidikan Bangka Selatan, Dra. Hartini, ketika membuka sosialisasi SNMPTN besutan Universitas Bangka Belitung (UBB) di SMAN 1 Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, belum lama ini menegaskan, sekolah harus benar-benar memperhatikan seluruh proses dalam SNMPTN. Dengan begitu, para siswa dapat optimal memanfaatkan SNMPTN sebagai pintu untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi negeri (PTN) idaman.

“Karena itulah, pihak sekolah harus memberikan bimbingan yang baik kepada siswa/siswi mereka untuk memilih jurusan yang tepat, sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya,” ujar Hartini, seperti dilansir laman UBB, Rabu (5/2/2014).

Sementara itu, fasilitator sosialisasi dari UBB, Hamsani menegaskan, selain informasi tentang SNMPTN, sekolah juga harus dapat menyampaikan informasi mengenai program Beasiswa Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidikmisi) dengan sebaik-baiknya kepada para siswa/siswi. Dengan begitu, beasiswa dari Kemendikbud itu dapat terserap optimal.

Bidikmisi ditujukan bagi para siswa dari kalangan tidak mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi besar. Menurut Hamsani, siswa tersebut tidak harus memiliki prestasi besar, tetapi mereka memiliki semangat dan kesungguhan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi.

“Seperti inilah potensi yang besar, dan akan kita dukung anak tersebut agar mendapatkan kesempatan mengenyam pendidikan yang lebih tinggi di perguruan tinggi negeri,” imbuhnya.

Tahun ini, SNMPTN menyediakan 50 persen kursi di PTN. Sisa 30 persen kursi mahasiswa baru diperebutkan melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan sisanya dari jalur mandiri masing-masing PTN.(kampus.okezone.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.