Sekolah Ditarget Buat 100 Lubang Biopori

oleh -50 views
Lubang biopori (Foto:web)
Arrief Ramdhani
Lubang biopori (Foto:web)
Lubang biopori (Foto:web)

BADAN Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Ciamis, dalam waktu dekat akan memasang 4500 lubang biopori di sekolah. Sekretaris BPLH Ciamis, H. Adang Daradjat mengatakan, 4500 lubang biopori itu untuk 45 sekolah Dasar ( SD), SLTP dan SLTA, dengan masing-masing sekolah 100 lubang biopori.

“Target kami sekarang pembuatan 100 lubang biopori satu sekolah. Sasaran kami periode sekarang 45 sekolah. Kami berharap sekolah bisa membuat lebih banyak lagi dari yang akan kami buat, ” kata Adang, Kamis (08/5).

Untuk memerlancar pembuatan lubang biopori ini, BPLH  menyiapkan alat pembuatan lubang sebanyak 190 unit. Setiap sekolah, akan diberi alat 4-6 buat alat pembuatan lubang.

Lubang biopori sendiri merupakan lubang yang berguna untuk meningkatkan laju peresapan air hujan ke dalam tanah, sehingga tidak terbuang percuma mengalir dipermukaan yang dapat menyebabkan banjir di musim hujan dan kekeringan di musim kemarau, serta menghindari terjadinya genangan yang menyebabkan merebaknya penyakit yang dibawa oleh nyamuk, seperti demam berdarah dengue (DBD), malaria dan sebagainya.

Dikatakan Adang, saat ini pihaknya baru sebatas di kalangan perkantoran dan sekolah. Ke depan pihaknya akan menggalakan program tersebut ke masyarakat. “Minimal satu rumah punya lubang biopori,” kata dia.

Lubang yang dibuat dengan kedalaman sekitar 1,2 meter dan diameter 10-30 sentimeter ini ditimbun dengan sampah organik untuk menghasilkan kompos. Sampah organik itu kemudian dapat menghidupi fauna tanah, yang kemudian mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah.(fokusjabar.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.