Sekolah dan Madrasah Swasta Khawatir BOS tak Cair

oleh -8 views
Ilustrasi Dana Bos
Arrief Ramdhani
Ilustrasi Dana Bos
Ilustrasi Dana Bos

WABUP Bandung Deden Rumaji mendesak agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kab. Bandung segera menyelesaikan proyek-proyek pembangunannya. Demikian pula dengan dana hibah seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sekolah dan madrasah swasta juga harus segera dicairkan.

“Saya amati masih banyak proyek jalan, trotoar, atau bangunan yang belum selesai dikerjakan, padahal waktunya sudah mepet,” kata Deden Rumaji di sela-sela meninjau pengungsi banjir di Baleendah dan Dayeuhkolot, Jumat (26/12/2014).

banner 728x90

Menurut Deden, idealnya semua proyek harus selesai maksimal 15 Desember, namun kenyataan di lapangan menjelang akhir Desember ini masih banyak proyek yang belum selesai. “Kami minta segera selesaikan proyek-proyek dalam beberapa hari ini,” katanya.

Kalau proyek itu belum selesai, kata Deden, seharusnya anggaran ditahan dan dikembalikan lagi mulai tahun depan. “Sedangkan pihak kontraktor harus diberikan sanksi berupa denda sesuai dengan aturan,” katanya.

Mengenai nasib BOS sekolah/madrasah swasta, Deden mendesak agar Senin (29/12/2014) atau Selasa (30/12/2014) harus sudah dicairkan. “Segera cairkan dana BOS swasta sebab waktunya sudah mendesak,” katanya.

Sementara itu, sekolah dan madrasah swasta mengeluhkan sampai Jumat (26/12) belum ada kejelasan pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari APBD Kab. Bandung.

“Pada tahun ini ada pembedaan perlakuan antara BOS sekolah negeri yang ditangani Disdikbud, sedangkan BOS sekolah/madrasah swasta ditangani Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan,” kata Kepala SMP Pasundan 1 Katapang, Dadang Tsaury.

Untuk sekolah negeri dari SD sampai SMA/SMK pencairan BOS berlangsung lancar. Namun sekolah/madrasah swasta sampai kini belum ada sama sekali pencairannya. “Kami merasa dibedakan perlakuannya oleh Pemjab Bandung apalagi sampai akhir Desember ini belum juga cair. Padahal sekolah/madrasah swasta lebih membutuhkan dana BOS,” ujarnya.(pikiran-rakyat.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.