Sekolah Dampingi Siswa Pilih Jurusan & Kampus

oleh -3 views
Ilustrasi : UNPAD sosialisasi SNMPTN
Arrief Ramdhani
Ilustrasi : UNPAD sosialisasi SNMPTN
Ilustrasi : UNPAD sosialisasi SNMPTN

MASA  pengisian data di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sudah usai. Siswa kelas XII pun sudah mulai mendaftar untuk mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Hingga akhir Maret 2014, siswa bisa memilih jurusan dan PTN idaman mereka. Agar tidak salah pilih, mereka harus mempertimbangkan segalanya dengan matang.

Siswa kelas XII SMAN 8 Jakarta, misalnya, dibimbing sekolah untuk memilih jurusan dan kampus negeri terbaik untuk mereka. Menurut Wakil Kepala SMAN 8 Jakarta, Waridin, sekolah menggelar sosialisasi tentang SNMPTN. Pada kegiatan ini, sekolah memberi penjelasan serinci mungkin tentang mekanisme jalur undangan dan bagaimana strategi terbaik untuk masuk PTN.

“Kami juga mengundang alumni dalam seminar tentang bagaimana menembus PTN. Di seminar itu, mereka berbagi kiat lulus seleksi kepada adik kelasnya,” kata Waridin ketika berbincang dengan Okezone, Sabtu (8/3/2014).

Waridin menyarankan, siswa sebaiknya mengukur kemampuan diri ketika memilih jurusan dan kampus tujuan. Jangan memilih jurusan dan PTN yang tidak mampu dijangkau.

“Misalnya, siswa A memilih jurusan X di PTN Y. Padahal, ketika try out, nilainya tidak memenuhi batas minimal (passing grade) yang disyaratkan. Jika memaksakan diri, berarti siswa itu tidak menggunakan pilihan logis,” imbuhnya.

Persiapan serupa dilakukan SMA Plus PGRI Cibinong. Mereka kerap mengundang orangtua untuk memberikan pemahaman tentang SNMPTN. Seminar yang mengundang konsultan dari berbagai PTN tersebut juga menyediakan informasi tentang bagaimana peluang lulus ke kampus negeri.

Menurut Wakil Kepala SMA Plus PGRI Cibinong, Agus Rohiman, sekolah menyampaikan data tahun-tahun sebelumnya kepada orangtua dan siswa untuk ilustrasi passing grade. Misalnya, mau ambil jurusan Kedokteran di kampus A, butuh rerata nilai rapor berapa.

“Data itu menjadi pegangan untuk mengarahkan siswa dalam memilih jurusan dan kampus. Nah, anak-anak yang tetap ingin masuk jurusan tertentu tetapi nilainya kurang dari persyaratan, akan kami sarankan untuk memilih kampus lain,” tutur Agus.

Agus menyakini, pertimbangan matang dalam memilih jurusan dan kampus akan menentukan kesuksesan siswa. “Percaya diri saja, insya Allah berhasil,” imbuhnya.(kampus.okezone.com)

19 thoughts on “Sekolah Dampingi Siswa Pilih Jurusan & Kampus

  1. Ping-balik: replicas de rolex
  2. Ping-balik: web hosting sites
  3. Ping-balik: Fake Rolex
  4. Ping-balik: cbd for anxiety
  5. Ping-balik: mini sex doll
  6. Ping-balik: relx pod
  7. Ping-balik: card dumps with pin
  8. Ping-balik: Runtz Strain
  9. Ping-balik: idnpoker
  10. Ping-balik: 바카라사이트

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.