Sekolah Belum Perhatikan Masalah Jamban

oleh -11 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

KEPALA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bandung, Agus Firman Zaini, menyebutkan empat fasilitas yang mesti diperhatikan dalam penataan lingkungan sekolah. Di antaranya, toilet yang bersih dan berjarak antara toilet putri dan putra, tersedianya tempat pembuangan sampah dan bank sampahnya, penghijauan dengan tanaman bermanfaat serta tersedianya penyerapan air.

“Tidak mudah untuk mengubah pola pikir (mind set) para guru dan murid dalam penataan lingkungan,” kata Agus di ruang kerjanya, Rabu (24/12).

banner 728x90

Oleh karenanya, pada tahun 2014 kegiatan Sanitasi Award di Kabupaten Bandung hanya diberikan kepada 390 sekolah mulai SD, SMP dan SMA/SMK dari 3.327 sekolah yang ada.

“Dengan cara ini, saya berharap satu sekolah yang mengikuti Sanitasi Award nantinya bisa menjadi contoh bagi sekolah lainnya,”katanya pula.

Sebagai tahap awal untuk merubah mind set warga sekolah terhadap kepedulian lingkungan, dilakukan melalui “Evaluasi Diri Sekolah”.

“Evaluasi tersebut mencakup beberapa penilaian, di antaranya kebijakan pengelolaan sanitasi lingkungan sekolah, pelaksanaan kurikulum berbasis sanitasi sekolah, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana sanitasi lingkungan,” katanya.

Dari penilaian tersebut, menurut Agus, akan muncul masing-masing grade sekolah mulai grade A, B, C dan D. “Penentuan grade sekolah dilakukan secara acak oleh tim sanitasi dari tingkat kecamatan dan kabupaten. Penilaiannya dilakukan secara objektif sesuai dengan potret sekolah yang ada,” katanya.(pikiran-rakyat.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.