Sejumlah SDN di Nyalindung Implementasikan Kurikulum 2013

oleh -1 views
Sejumlah SDN di Nyalindung Implementasikan Kurikulum 2013.(sukabumizone.com)
Arrief Ramdhani
Sejumlah SDN di Nyalindung Implementasikan Kurikulum 2013.(sukabumizone.com)
Sejumlah SDN di Nyalindung Implementasikan Kurikulum 2013.(sukabumizone.com)

SEJUMLAH Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, rutin latih pramuka. Seperti, SDN Wangunreja dan SDN Sirnagalih yang tengah giat melatih siswa setiap Sabtu. Hal tersebut, dilakukan sebagai bentuk implementasi kurikulum 2013 yang wajib dilaksanakan setiap sekolah. “Sementara, siswa yang mengikuti pelatihan ini mulai dari kelas empat, lima dan enam,” kata Kepala SDN Wangunreja Sopandi kepada www.sukabumizone.com, Sabtu, (03/09).
Lebih lanjut Sopandi memaparkan, adapun tujuan dari pelatihan itu agar siswa dapat merasakan keceriaan sehingga akan berdampak pada saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung. Sebab menurutnya, dengan belajar diluar kelas akan mampu menciptakan siswa semakin aktif dalam KBM sehari-hari. “Tak hanya itu, siswa pun dituntut untuk dapat disiplin, kebersamaan, tanggungjawab dan peduli akan lingkungan,” ujarnya.

Di tempat yang berbeda, Kepala SDN Sirnagalih Wiwin Winarsih melalui salah seorang guru Ugan Sugandi menjelaskan, seluruh peserta diarahkan untuk dapat menguasai Latihan Baris Berbaris (LBB), semapur, morse, tali temali, pionering dan lain sebagainya. “Alhamdulillah siswa sangat antusias dalam mengikuti pelatihan. Ini semua berkat dorongan dan partisifasi orang tua dalam yang mengsuport siswa,” jelasnya.

Dengan adanya pelatihan rutin itu, diharapkan siswa dapat mandiri, berkreasi dan berprestasi di masa yang akan datang. “Kami  optimis dengan pelatihan rutin dari jauh-jauh hari akan membuah kan hasil yang maksimal,” pungkasnya. (sukabumizone.com)