Segera Finalisasi Pendaftaran SNMPTN 2016!

oleh -3 views
Arrief Ramdhani

SNMPTN baruu

MENJELANG penutupan pendaftaran SNMPTN 2016, siswa SMA/sederajat masih memiliki waktu untuk mendaftar hingga pukul 22.00 WIB. Mereka yang telah mendaftar juga masih sempat meneliti kembali dan memfinalisasi pilihan program studi dan perguruan tinggi negeri (PTN).

banner 728x90

Direktur Tata Kelola dan Komunikasi Publik Universitas Padjadjaran, Dr. Soni A. Nulhaqim, S.Sos., M.Si., menjelaskan, panitia SNMPTN 2016 masih menemukan banyak siswa belum melakukan pendaftaran dan finalisasi terhadap data yang diisikan.

“Padahal, tanpa finalisasi data tersebut, pendaftaran belum selesai dan tidak dapat dilanjutkan ke tahap seleksi berikutnya,” ujar Soni, seperti dinukil dari laman Unpad, Sabtu (12/3/2016).

Soni memaparkan, siswa yang telah memenuhi kriteria pemeringkatan bisa melakukan pendaftaran dengan login ke laman SNMPTN https://www.snmptn.ac.id menggunakan NISN dan password. Setelah log in, siswa mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).

Siswa yang memilih program studi seni dan keolahragaan wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman https://www.snmptn.ac.id.

“Siswa pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih,” imbuh Soni.

Pendaftar, kata Soni, dapat memilih sebanyak-banyaknya dua PTN. Bila memilih dua PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya. Namun bila memilih hanya satu PTN, maka PTN tersebut dapat berada di provinsi mana pun.

Selain itu, pendaftar dapat memilih maksimal tiga program studi. Syaratnya, dalam satu PTN maksimal hanya dua program studi yang dipilih.

“Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN. Urutan pilihan PTN dan program studi yang dipilih menyatakan prioritas pilihan,” imbuh Soni.

Setelah memfinalisasi seluruh tahapan pendaftaran, siswa diharuskan mencetak Kartu Tanda Peserta sebagai tanda bukti peserta SNMPTN. Siswa dapat mencetak Kartu Tanda Peserta mulai 22 Maret 2016 pukul 08:00 WIB hingga 21 April 2016 pukul 22:00 WIB.

PTN peserta SNMPTN 2016 akan mengumumkan hasil seleksi pada 10 Mei 2016. Siswa yang lulus SNMPTN 2016 dapat melakukan pendaftaran ulang pada 31 Mei 2016 di PTN masing-masing.

“Tipsnya, pastikan pilihan program studi sesuai dengan minat Anda. Yakinlah bahwa setiap program studi akan memberikan prospek ke depan yang baik,” tandas Soni.( news.okezone.com)