Sebanyak 93 Kelompok PKM Unpad Jalani Masa Monitoring dan Evaluasi

oleh -2 views
Arrief Ramdhani

humas-unpad

PROGRAM Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bidang Kewirausahaan, Karya Cipta, Teknologi, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat telah memasuki masa monitoring dan evaluasi (monev). Di Unpad sendiri, monev PKM tersebut digelar pada Rabu (17/07) hingga Kamis (18/07) oleh dua orang tim reviewer dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dikti (DP2M Dikti).

Sebanyak 93 kelompok PKM di Unpad yang lolos didanai Dikti mengikuti kegiatan Monev tersebut. Bertempat di Ruang Rapat Bersama Lantai I dan II, Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor, tiap-tiap peserta mempresentasikan program dan kegiatannya di hadapan tim reviewer DP2M Dikti, yaitu Bandung Arry Sanjoyo, drs., M.Ikom., dan Ir. Sulhajji Jompa, M.Sc.

Salah seorang staf Kemahasiswaan Unpad yang juga panitia monev PKM di Unpad, Muhamad Jamil Malik, S.Kom., mengatakan, secara teknis, setiap kelompok PKM diberi kesempatan mempresentasikan hasil pekerjaannya maksimal 10 menit presentasi dan dilanjutkan dengan diskusi dengan tim reviewer selama 10 menit. Sehingga, total waktu yang diberikan kepada setiap kelompok adalah 20 menit.

Sulhajji, salah seorang tim reviewer mengungkapkan, monev ini akan menentukan sejauh mana kelompok PKM yang sudah didanai tersebut menjalankan kegiatannya. Kegiatan ini juga menjadi tolok ukur kesiapan para kelompok untuk mengikuti ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-XXVI yang akan digelar September mendatang di Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat.

“Hasil monev ini akan sangat menentukan untuk seleksi Pimnas ke-XXVII September nanti, sebab yang dinilai saat ini pematangan proposal dan laporan kegiatan dari setiap kelompok melalui presentasi yang dilakukan,” ujar Sulhajji di sela-sela kegiatan monev.

Nantinya reviewer ini akan merekap semua hasil monev setiap kelompok melalui SIM LITABMAS. Selanjutnya, tim pun akan mengevaluasi hasil monev tersebut untuk menentukan kelompok mana yang menjadi rekomendasi untuk masuk ke ajang Pimnas ke-XXVII.

“Selanjutnya, Dikti akan mengumumkan siapa saja kelompok yang lolos untuk mengikuti Pimnas September nanti. Kita (tim reviewer) harapkan setiap kelompok dapat mempresentasikan proposalnya dengan baik.” ujarnya.(unpad.ac.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.