SDN Malabar 4, Sekolah Peninggalan Bosscha

oleh -52 views
SDN Malabar 4.(inilahkoran.com)
Arrief Ramdhani
SDN Malabar 4.(inilahkoran.com)
SDN Malabar 4.(inilahkoran.com)

SD Negeri Malabar 4 Pangalengan didirikan pada 1983 silam. Namun ternyata sejarah sekolah itu merentang hingga 100 tahun sebelumnya. Didirikan oleh Bosscha.

Salah seorang guru di SDN Malabar 4, Eti (47) menjelaskan, sekolah tersebut mengandung nilai sejarah. Karena sekolah tersebut satu-satunya sekolah yang didirikan oleh perintis perkebunan Malabar, yakni Karel Albert Rudolf Bosscha pada 1893.

Bahkan peninggalan meneer Belanda tersebut hingga saat ini masih berdiri kokoh. Yakni bangunan kayu dengan tiga ruang kelas untuk anak-anak kaum pribumi.

Namun, bangunan peninggalan Bosshca tersebut, sudah tidak dipergunakan lagi seiring dengan adanya bangunan baru sejak 1983 lalu.

“Awalnya bangunan peninggalan Bosscha ini ada dua lokal berbentuk L. Namun, dibakar oleh orang yang tidak bertanggungjawab pada 2008 lalu. Untungnya tidak habis semua, karena apinya keburu dipadamkan oleh warga sekitar,” ujarnya.

Eti melanjutkan, di sekolah tersebut terdapat 240 siswa dari kelas 1 hingga kelas 6. Dengan jumlah guru sebanyak 5 orang berstatus PNS dan 6 orang honorer guru serta penjaga sekolah.

Keberadaan sekolah ini cukup penting, karena satu-satunya SD negeri yang berada di wilayah perkebunan. Karena jarak antara sekolah lain dengan permukiman warga yang mayoritas pekerja perkebunan itu cukup jauh.

“Jarak sekolah dari permukiman warga pun lumayan jauh, sekitar 2 kilometer. Namun harus diakui animo masyarakat dan minat belajar anak-anak di sini cukup tinggi. Buktinya, 99 persen lulusan SDN ini melanjutkan ke SMP,” katanya.(inilahkoran.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.