SDN Gintung dan Cigadog Gelar Ujian Praktek Agama

oleh -46 views
SDN Gintung dan Cigadog Gelar Ujian Praktek Agama (sukabumizone.com)
Arrief Ramdhani
SDN Gintung dan Cigadog Gelar Ujian Praktek Agama (sukabumizone.com)
SDN Gintung dan Cigadog Gelar Ujian Praktek Agama (sukabumizone.com)

SEJUMLAH Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, gelar ujian praktek agama. Hal itu, dilakukan guna meningkatkan potensi siswa mengenai pemahaman tentang Ilmu Agama. SDN Gintung dan SDN Cigadog misalnya, yang telah menyelenggrakan ujian praktek agama. Adapun yang diujikan pada siswa diantaranya, bacaan Al-Qur’an, praktek wudhu, dan praktek sholat. Selain itu, dari segi bacaan Al-Qur’an peserta ujian diharuskan dapat menguasai beberapa aspek yang meliputi bacaan tajwid serta cara melafazkan dan menghapalkan surat Al-Qur’an.

Kepala SDN Gintung Drs. H. Didin Najmudin mengatakan, ujian praktek agama bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta ujian dalam hal pelajaran Agama.” Alhamdulillah semua peserta ujian dapat membaca serta membedakan tajwid dengan benar sehingga dalam melafazkan surat-surat pendek siswa tidak banyak yang salah. Begitupun praktek wudhu dan sholat semua siswa dapat melakukan keselarasan gerakan, sehingga tidak ada gerakan yang terlewatkan,” kata Didin kepada wartawan www.sukabumizone.com, Kamis, (23/04).

banner 728x90

Di tempat yang berbeda, Kepala SDN Cigadog Abdurohman S. Pd didampingi salah seorang guru A. Hendri S. Pdi menjelaskan, ujian praktek sholat yang diselenggarakan di sekolah yang tengah dipimpinnya itu, telah memprioritaskan peserta ujian dengan praktik ibadah. Misalnya saja, cara praktek sholat, Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ), Adzan dan praktik wudhu dengan aspek penilaian yang diambil dari cara niat, tertib dan doa setelah wudhunya.” Untuk praktik agama ini siswa telah diwajibkan dapat melakukan gerakan shalat serta wudhu yang benar, keserasian bacaan, gerakan yang tuma’ninah,” jelas Abdurohman. Ia berharap, dengan terselenggaranya kegiatan yang positif itu dapat membentuk anak didiknya menjadi pribadi yang sholeh.” Tak hanya itu, kami juga menganjurkan siswa supaya lebih giat belajar karena setelah Ujian Praktek siswa akan menghadapi Ujian Nasional,” pungkasnya. (sukabumizone.com)