SD Negeri Sudirman 1 Purwakarta
Mencari Berkah dengan Shalat Dhuha

oleh -23 views
ilustrasi (www.khoiruummah.sch.id)
Arrief Ramdhani
ilustrasi (www.khoiruummah.sch.id)
ilustrasi (www.khoiruummah.sch.id)

PAGI hari, ratusan pelajar SD Negeri Sudirman 1 sereimpak mengambil air wudlu. Didampingi sejumlah guru, mereka lantas menunaikan shalat sunah dhuha. Ibadah ritual itu dilaksanakan pukul 6.30, sebelum proses belajar mengajar dimulai. Ini kegiatan rutin yang dilaksanakan di sekolah tersebut.

“Kita jangan pernah bosan mencari berkah dalam hidup. Dan keberkahan akan bisa kita raih, salah satunya dengan menjalankan shalat dhuha,” terang Kepala Sekolah SD Negeri 1 Sudirman, Tri Wahyuningsih kepada Siap Belajar akhir Oktober lalu. Tri menjelaskan, kegiatan  rutin ini merupakan implementasi dari program Sapta Integritas yang dicanangkan Bupati Purwakarta.

“Program ini bagus untuk membentuk akhlak anak-anak,” terang Tri. Dia melanjutkan, dengan dibiasakan menjalankan shalat dhuha sejak dini, diharapkan para siswa akan ‘kecanduan’ menunaikan ibadah tersebut. Sepanjang pengamatannya, selama ini para siswa tampak antusias dalam menjalankannya.

Selain pelaksanaan ibadah shalat dhuha, SD Negeri Sudirman 1 juga melaksanakan baca Yasin setiap hari Jumat, serta program Sapta Integritas lainnya seperti makan bersama ketika jam istirahat. Setelah ada kebijakan bupati yang melarang pedagang berjualan di lokasi sekolah, tak lagi tampak pedagang yang mangkal. (fokusjabar.com)

“Kalau pun ada, saya minta mereka mangkal dalam radius tertentu dari lokasi sekolah. Dan setiap apel, saya dan para guru menekankan kepada anak-anak agar tak membiasakan diri jajan di sekolah. Lebih baik kita membawa bekal dari rumah yang terjamin kebersihannya. Ahamdulillah, program ini berjalan mulus,” imbuh Tri.

SD Negeri Sudirman 1 yang terletak di area Kampus UPI Purwakarta ini, tak sepi dari prestasi. Belum lama ini, salah satu siswi bernama Syeina ditunjuk mewakili Purwakarta dalam Lomba Melukis Tingkat Provinsi Jawa Barat. Hal ini tentu saja membuat bangga pihak sekolah, karena Syeina ditunjuk setelah melalui tahapan proses lomba sebelumnya. Pada ajang itu, Syeina menggondol piala setelah meraih Juara Harapan 1.

“Selain berprestasi di bidang seni, kami juga memiliki prestasi di bidang lainnya seperti olahraga,” kata Tri. Dikatakannya, sejumlah piala sebagai lambang raihan prestasi terpaksa tak lagi dipajang, tapi dikemas saja. “Itu karena saking banyaknya,” ujar Tri. (siapbelajar Purwakarta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.