SD Juara Cimahi Ajarkan Moral dan Agama Sejak Dini

oleh -3 views
SD Juara Cimahi
Arrief Ramdhani
SD Juara Cimahi
SD Juara Cimahi

HANYA menyalahkan metode dan sistem pendidikan ternyata belum bisa menjadi jalan keluar yang tepat.

Di tengah siang yang terik, bel tanda pelajaran akan dimulai berbunyi. Anak-anak murid SD Juara Cimahi pun berlarian ke kelasnya masing-masing.

SD Juara Cimahi merupakan salah satu sekolah binaan Rumah Zakat. Sebelumnya, SD Juara beralamat di gang Mesjid, Melong Raya. Sekarang warga sekolah ini menempati gedung barunya di Jalan Rorojongrang II, Cimahi Selatan.

Satu yang membedakan dengan sekolah swasta lain, SD Juara Cimahi tidak memungut biaya dari siswa, alias gratis. Dana sekolah didapat dari donatur-donatur Rumah Zakat. Kini sudah ada 14 Sekolah Juara yang didirikan oleh Rumah Zakat, yang tersebar di Bandung Raya, Jakarta, Riau, Medan, Semarang, dan Yogyakarta.

“Sekolah Juara memang menargetkan kaum mustahik atau keluarga penerima zakat sebagai murid mereka. Selain duafa, kami menarget amil, muallaf, riqob, ghorim, sabilillah, serta ibnu sabil sekolah di sini,” ujar Kepala Sekolah SD Juara Cimahi Ivan Supingat SPdI di ruang kerjanya.

SD yang sudah berdiri sejak 2008 ini memiliki kurikulum khas Sekolah Juara, yaitu pembelajaran moral dan agama. Tiap hari Senin dan Kamis, siswa SD Juara belajar Alquran selama satu jam. Tujuannya agar lulusan SD ini bebas dari buta aksara Alquran.

Ivan menuturkan, bermula dari keprihatinan pendiri Sekolah Juara. Ketika terjadi kenakalan remaja misalnya, biasanya orang-orang menyalahkan metode atau sistem pendidikan yang tidak benar.

“Maka, kami berpikir bahwa di sekolah ini harus porsi jam belajar moral dan agama harus ditambah,” tutur Ivan.

Menanamkan moral dan agama kepada anak tidak semudah membalik telapak tangan. Anak-anak harus dibiasakan terlebih dahulu sebelum kemudian tertanam dan menjadi karakter anak.

Tiap hari, anak-anak SD Juara dibiasakan salat duha dan zuhur berjamaah. Selain itu, sebelum dan sesudah sekolah murid-murid diberikan penuturan mengenai moral oleh guru di kelas.

SD Juara pun membiasakan murid-muridnya untuk mandiri. Misalnya, anak kelas 1 diajarkan cara mengancingkan baju sendiri. Sedangkan murid-murid dengan tingkat lebih atas diajarkan cara melipat dan mencuci baju.(inilahkoran.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.