SD Darul Hikam Mengenal Suku Bangsa di Dunia

Friday 09 May 2014 , 4:34 AM
Ilustrasi

Ilustrasi

PERSIAPAN memasuki era globalisasi bukan semata terkait bidang ekonomi perdagangan. Sektor pendidikan pun tak mau ketinggalan.

Terkait persiapan menuju era globalisasi, SD Darul Hikam Bandung ternyata punya program khusus yang diberi nama Student Engrossment Programme yang dilaksanakan belum lama ini.

Melalui keterangan tertulis yang diterima INILAH.COM, Senin (5/5) malam, Kepala SD Darul Hikam Bandung Wawat Widiarty menjelaskan, dasar pelaksanaan Student Engrossment Programme tak lepas dari pengamalan Alquran Surat Al-Hujurat ayat 13.

Wawat Widiarty menjelaskan, dengan saling mengenal maka tidak ada lagi batasan yang jelas antar negara dan bangsa, karena semuanya menyatu dalam semangat kebersamaan di era globalisasi yang menuntut kualitas dalam segala hal.

“Indikator-indikator ke arah menyatunya dunia semakin hari semakin terlihat. Kondisi ini menuntut kepekaan kami sebagai bagian dari dunia pendidikan untuk mempersiapkan siswa menghadapi era tersebut di masa yang akan datang,” jelasnya.

Student Engrossment Programme merupakan salah satu program unggulan SD Darul Hikam digulirkan dengan tujuan, agar siswa dapat mengenal adat istiadat, budaya, pandangan hidup, dan aturan bangsa yang berbeda.

Melalui program kunjungan persahabatan ke sejumlah tempat di Negeri Jiran Malaysia dan Singapura ini diharapkan, para siswa memiliki rasa percaya diri tinggi, terampil, tangguh, dan nantinya siap bersaing di kancah internasional.

Sementara, dari sisi hubungan antarmanusia, para siswa memiliki sikap ukhuwah dalam membangun hubungan yang baik dengan siswa lintas bangsa.

“Sehingga terbangun keberanian berkomunikasi dalam bahasa Inggris, terbangun kemandirian siswa dalam beraktivitas, serta giat mengenalkan kebudayaan Indonesia di negara lain dengan menampilkan sejumlah tarian daerah,” paparnya.

Tempat-tempat yang dikunjungi pada Student Engrossment Programme di antaranya Sekolah Rendah Setia Budi dan International Islamic School (IIS), Masjid Putra Jaya, Petronas Twins Tower, Petrosains, Universal Studio Singapore, dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapora.

Para siswa kelas IV dan V SD Darul Hikam Bandung memperoleh pengalaman baru dengan mengikuti pembelajaran di Sekolah Rendah Setia Budi dan International Islamic School (IIS) di Gombak Malaysia yang siswa-siswinya berasal dari berbagai negara. (inilahkoran.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.