SBY Sebut Bebaskan Biaya Kuliah Bagi Warga Miskin

oleh -3 views
Presiden SBY
Arrief Ramdhani
Presiden SBY
Presiden SBY

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengungkapkan presentase kelompok miskin di perguruan tinggi di Indonesia sangat kecil dibandingkan kelompok menengah dan kaya.

Dirinya pun mendorong agar sistem pembayaran pendidikan di perguruan tinggi disesuaikan dengan tingkat ekonomi masing-masing siswa. Hal ini disampaikan SBY saat berpidato dalam pembukaan World Economic Forum (WEF) East Asia di Makati, Filipina.

“Kita juga membebaskan biaya kuliah bagi masyarakat miskin, dan di luar itu juga memberikan biaya hidup bagi mahasiswa selama menempuh pendidikannya,” ujar SBY, seperti dilansir dari laman Setkab, Kamis (22/5/2014).

SBY menjelaskan, tantangan utama untuk mengatasi ketimpangan (inequality) adalah mememastikan terjadinya “mobility for all”. Ini merupakan kondisi di mana semua golongan masyarakat, kelompok miskin dan menengah mempunyai kesempatan untuk bergerak secara sosial dan ekonomi seperti halnya kelompok atas.

“Cara terbaik untuk meraihnya adalah melalui pendidikan. Ini senjata terbaik memberantas kemiskinan,” tambah dia.

Upaya ini adalah bagian dari apa yang disebut dengan empat track strategy: “pro growth, pro job, pro poor, pro environment“. Tujuannya adalah untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dengan pemerataan (sustainable growth with equity).(kampusokezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.