Sarjana Akuntansi Siap Bersaing Di MEA

oleh -30 views
Arrief Ramdhani

mahasiswa

 “SAAT  dberlakukannya MEA Tenaga asing dari asean akan menyerbu Indonesia, mulai paramedis, insisnyur, arsitektur dan tenaga asing lainnya tak terkecuali dengan akuntan. Apalagi akuntan saat ini sangat dibutuhkan untk manajerial di industri-indiustri,” ujar Kepala Seksi Bimbingan Pe­nyuluh Kanwil Pajak Jawa Ba­rat, Dodot Haryo di sela seminar Nasional Perpajakan di Uni­versitas Galuh Ciamis, Se­lasa (24/2/2015).

banner 728x90

Menurutnya, seorang akuntan akan berpengaruh pada sehatnya industri, sehingga setoran pajak yang diterima oleh negara juga meningkat.

Apalagi, setelah MEA ber­laku sejak 2015 target pendapatan pajak pun meningkat. Pa­da 2014 target pajak nasional Rp 1.000 triliun dan seka­rang meningkat jadi Rp 1.300 triliun.

Dalam seminar yang diselenggarakan Hima Akuntansi Unigal itu, Pakar Akuntansi Pajak Nur Hidayat memapar­kan, akuntan juga perlu me­ning­katkan profesionalitas mi­salnya dengan memiliki sertifikat nasional akuntan publik.

“Sertifikasi profesi akuntan akan bermanfaat utamanya bagi pengakuan global atas kompetensi dan profesionalitas. Kompetensi meliputi umum dan khusus sesuai bi­dang profesi tersebut. Ser­ti­fikasi pun menunjukkan kom­binasi pendidikan formal,” ujarnya

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis, Ati Rosliyati didampingi Pem­ban­tu Dekan III Unigal, Aziz B­a­sari mengatakan, pihaknya si­ap mencetak lulusan sebagai aku­ntan berkualitas.“Tahun ini kami telah berhasil me­ning­katkan akreditasi dari C menjadi B,” ujar Ati.

Menurut dia, terdapat 1.200 mahasiswa di fakultas yang ia pimpin saat ini. Se­mentara itu, serapan kerja akuntan yang lulus dari Unigal pun disebut­kannya cukup tinggi.

“Serapan tenaga kerja di bank-bank terutama BUMN dan BUMD sangat tinggi. Hal itu jugalah yang mendongkrak minat berkuliah di Unigal, me­milih jurusan akuntansi. Saat ini mahasiswa tengah digencarkan belajar bahasa asing te­rutama Inggris. Kom­petensi ber­bahasa sangat dibutuhkan menyambut era pasar bebas MEA,” ujarnya.(kabar-priangan.com)