Saran Jokowi untuk Mendikbud

oleh -2 views
Presiden RI Jokowi (www.baratamedia.com)
Arrief Ramdhani

Jokowi (www.baratamedia.com)
Jokowi (www.baratamedia.com)

KISRUHNYA pembagian soal dan lembar jawaban Ujian Nasional (LJUN) di 11 provinsi, membuat Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) buka suara. Jokowi menyarankan Pemerintah Pusat (Pempus) mendelegasikan daerah dalam urusan percetakan dan pendistribusian soal ujian.
“Mungkin lebih baik kalau itu didelegasikan ke daerah karena lebih dekat daya jangkaunya, langsung ke sekolah-sekolah di daerah,” kata Jokowi kepada wartawan, di Balai Kota Jakarta, Jumat (19/4/2013).

banner 728x90

Namun, dalam pendistribusian itu, Jokowi menegaskan perlu adanya pengawasan yang ketat agar soal UN tidak bocor.

“Yah kan ada sanksinya kalau sampai ada bocoran soft copy. Saya percaya daerah menyangkut kerahasiaan. Masak, enggak percaya sama daerah, kalau saya percaya. Distribusi kan lebih mudah,” imbuhnya.

Lebih lanjut, mantan Walikota Solo itu menambahkan, bahwa sebelum UN bergulir, seharusnya Pemerintah Pusat memiliki persiapan yang cukup sehingga kesalahan yang bersifat teknis tidak terjadi.

“Maka perlu manajemen distribusi yang lebih rinci menyangkut kota, kabupaten dan provinsi. Yang begini luasnya maka diperlukan distribusi yang lebih rinci dan lebih detil, ini pekerjaan lapangan,” tuntasnya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.