Sajikan Data dengan Warna-warni Mudahkan Siswa Analisis

Wednesday 08 April 2015 , 11:58 AM
Sajikan Data dengan Warna-warni Mudahkan Siswa Analisis (prioritaspendidikan.org)

Sajikan Data dengan Warna-warni Mudahkan Siswa Analisis (prioritaspendidikan.org)

“KALI ini kita akan belajar tentang menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang. Sebelum dimulai, Ibu mengajak kalian semua untuk bermain. Nama-nama yang Ibu panggil diharapkan maju ke depan kelas,” seru Ela Nurlaelasari SPdSD, guru kelas VI SDN Bojong 2, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pandeglang, yang sedang mengajar matematika di hadapan seluruh siswa di kelas.

Usai disebutkan namanya satu per satu, siswa pun tampil di depan kelas. Kini terdapat enam siswa berada di depan kelas. Kemudian, guru meminta satu siswa untuk maju dan mengurutkan enam siswa tersebut mulai dari yang tertinggi hingga yang terpendek yang dilihat dari tinggi badannya. Siswa pun sepakat dan menyetujui bahwa mereka sudah berdiri sesuai urutan dari yang paling tinggi badannya hingga yang terpendek.

Guru pun membagi tugas per kelompok dengan mengurutkan skor penilaian dari yang terendah hingga tertinggi.  Selanjutnya, lembar kerja (LK) siswa mulai dibagikan. Siswa pun mengerjakan secara berkelompok hasil penilaian siswa tersebut dan memasukkan datanya dalam LK. Siswa pun diminta untuk membuat presentasi hasil diskusi per kelompok berupa temuan data lewat tabel dan diagram batang dengan kertas warna-warni sehingga terlihat menarik. Dengan tampilan data yang menarik tentunya memudahkan bagi siswa untuk membuat analisis dan kesimpulan.

“Pada mata pelajaran bahasa Indonesia, nilai 65 ada dua orang. Nilai 80 ada tiga orang. Nilai 90 ada lima orang,” kata seorang siswa menjelaskan temuan data dalam kelompoknya dengan membaca hasil diskusi yang sudah berisi tabel batang warna-warni. Hasil karya siswa per kelompok pun dipajang di dinding kelas.

“Sekarang siswa jadi mudah membuat analisis temuan data dari tabel dan diagram batang setelah mereka mampu memahami konsepnya. Mereka juga mampu menyajikan data secara menarik, dengan warna warni jadi mudah dibaca,” kesan Ela menutup sesi pembelajaran.(prioritaspendidikan.org)

 

Comments are closed.