Indonesia Jadi Juara Mantengin HP Sedunia

Lusi Yulia Irfani

Penulis : Lusi Yulia Irfani
Editor : Asop Ahmad

0

0

Saintek
1674476641466_1674476658

Indonesia

SIAPBELAJAR.COM - Data ai merilis riset terbaru berjudul 'State of Mobile 2023' mengenai aplikasi yang paling banyak diunduh dari masing-masing kategori hingga durasi penggunaan ponsel selama 2022.

Riset mengungkapkan bahwa orang-orang menghabiskan waktu di depan Layar handphone selama 5 jam dalam sehari. Data riset tersebut pun mengungkapkan, Indonesia menempati posisi pertama kategori durasi screen time paling tinggi di dunia dengan total 5,7 jam sehari. Artinya, orang-orang Indonesia tergolong orang-orang paling anteng mantengin handphone sedunia.

Selain itu, Indonesia menempati posisi kelima kategori download aplikasi terbanyak selama 2022 dengan total download 7,7 miliar aplikasi.

Top aplikasi global

Data.ai juga memetakan kategori aplikasi apa yang menarik paling banyak konsumen selama 2022. Dari kategori aplikasi hiburan, ada Netflix di peringkat 1 dengan jumlah pangsa pasar terbesar.

Di kategori in-app purchase, Disney+ menduduki peringkat 1. Total pengguna menghabiskan total 7,2 miliar dolar AS uang di aplikasi, entah itu bayar subscription atau transaksi lain di aplikasi.

Data.ai juga mencatat bahwa platfrom streaming OTT seperti Netflix dan Disney+ menguasai sekitar 16 persen transaksi di aplikasi mobile. Memperjelas industri streaming di industri digital global.

Untuk kategori aplikasi yang paling lama menyita waktu pengguna, media sosial berada di urutan atas. Media sosial paling banyak diakses bukanlah Facebook atau Meta, namun WeChat.

Game

Data.ai juga mencatat game populer bagi pengguna. Mereka mencatat orang Indonesia rupanya paling banyak menghabiskan uang untuk game RPG seperti Genshin Impact. Di posisi kedua, ada Clash of Clans dan Rise of Kingdom.

Berdasarkan jumlah uang yang dihabiskan oleh pengguna Indonesia, genre RPG menjadi genre game paling ‘boros’, dengan Genshin Impact di posisi pertama. Foto: Data.ai

Berdasarkan jumlah uang yang dihabiskan oleh pengguna Indonesia, genre RPG menjadi genre game paling ‘boros’, dengan Genshin Impact di posisi pertama. Foto: Data.ai

Game populer lain yang paling banyak diunduh antara lain Pou, Talking Tom dan Roblox. Game Mobile Legends: Bang Bang menjadi game populer untuk orang-orang kalangan usia 18 hingga 25 tahun. Di usia 25 tahun ke atas, Higgs Domino Island menjadi game favorit yang paling banyak diunduh.

Aplikasi finansial

Dari kategori aplikasi finansial, grafik unduhan aplikasi pinjaman pribadi meningkat tajam dalam 3 tahun terarkhir. Sementara untuk aplikasi finansial general paling banyak diinstal, Dana menempati posisi pertama diikuti BRImo BRI.

Untuk kategori kenaikan jumlah pengguna aktif bulanan, New Livin' memuncaki peringkat pertama.

Aplikasi retail

Data.ai melaporkan bahwa masyarakat Indonesia gemar berbelanja online. Pada tahun 2022, total 6,6 miliar jam dihabiskan di aplikasi belanja, naik dari 5,5 miliar jam di tahun 2021.

Aplikasi Tiktok Seller memuncaki aplikasi jualan online yang paling banyak di-download dibandingkan tahun sebelumnya, diikuti Blibli di peringkat kedua.

Dari segi kenaikan jumlah pengguna bulanan aktif dari tahun sebelumnya, Shopee menduduki posisi pertama, diikuti Tokopedia kemudian Alfa Gift.

Aplikasi video streaming

TikTok menjadi aplikasi hiburan terbanyak diinstal sepanjang sejarah, dengan total 3,6 miliar unduhan dalam 10 tahun terakhir, mengalahkan YouTube dan Spotify.

Untuk aplikasi streaming video secara general, di kategori jumlah unduhan di Indonesia, Vidio menjadi aplikasi paling banyak diunduh, diikuti Bilibili dan WeTV.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1674476641466_1674476658

Saintek

Indonesia Jadi Juara Mantengin HP Sedunia

SIAPBELAJAR.COM - Data ai merilis riset terbaru berjudul 'State of Mobile 2023' mengenai aplikasi yang paling banyak diunduh dari masing-masing kategori hingga durasi penggunaan ponsel selama 2022.Ris
1668821253483_1668821309

Trending

IsDB Bangun 6 Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak di Indonesia

SIAPBELAJAR.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri acara peletakan batu pertama gedung rumah sakit yang merupakan salah satu perjanjian kerja sama dengan Islamic Development
1668266784980_1668266805

Trending

3 Provinsi Baru di Papua

SIAPBELAJAR.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian meresmikan tiga provinsi daerah otonomi baru (DOB) Papua. Tiga provinsi yang diresmikan yakni Papua Tengah, Papua Tengah Pegunungan, d
1666406467412_1666406477

Trending

Indonesia Melarang Semua Penjualan Obat Sirup

SIAPBELAJAR.COM - Kematian hampir 100 anak di Indonesia telah mendorong negara untuk menangguhkan semua penjualan obat sirup dan obat cair.Kejadian tersebut terjadi hanya beberapa minggu setelah si
1666274234894_1666274410

Trending

Bekasi Jadi Kota Internet Terngebut se-Indonesia

SIAPBELAJAR.COM - Baru-baru ini kota dengan Internet tercepat bukanlah Jakarta, melainkan Bekasi. Bekasi berhasil dinobatkan menjadi kota dengan Internet 'Si Paling Cepat' se-Indonesia. Hal tersebut d