6 Macam Aplikasi Pengolah Kata

Aldena Nanda Riyanto

Penulis : Aldena Nanda Riyanto
Editor : Danang Hamid

0

0

Saintek
1660663664510_1660663764

6 Macam Aplikasi Pengolah Kata

SIAPBELAJAR.COM - Aplikasi pengolah kata menjadi bagian program yang tak dapat terpisahkan dari kegiatan sehari-hari. Software pengolah kata membantu kita melakukan pengerjaan beragam dokumen tertulis.

Software ini berfungsi untuk mengolah kata, seperti mengetik. Pengolah kata mengacu pada tindakan menggunakan komputer untuk membuat, mengedit, menyimpan dan mencetak dokumen.

Saat ini mungkin yang paling familiar digunakan untuk pengolahan kata adalah Microsoft Word, Wajar saja, pasalnya perangkat lunak ini memang sudah digunakan di berbagai bidang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, cara kerja perangkat lunak ini juga telah diperkenalkan sejak jenjang sekolah dasar. Sehingga, tak heran jika Microsoft Word jadi satu perangkat lunak pengolah kata yang paling populer saat ini.

Namun aplikasi pengolah kata selain MS Word ternyata masih banyak lagi, berikut yang telah Siap Belajar rangkum:  

1. Microsoft Word

Microsoft Word adalah pengolah kata komersial yang banyak digunakan yang dirancang oleh Microsoft. MS Word memiliki kamus bawaan untuk pemeriksaan ejaan, kata-kata yang salah eja ditandai dengan garis bawah berlekuk-lekuk merah.

Software aplikasi pengolah kata ini juga menawarkan fitur tingkat teks seperti tebal, garis bawah, miring dan coret, dan fitur tingkat halaman seperti indentasi, paragraf dan pembenaran dan masih banyak lagi berbagai fitur Word lainnya.

Word kompatibel dengan banyak program lain, yang paling umum adalah anggota suite Office lainnya.

2. OpenOffice Writter

OpenOffice Writer dapat diperoleh melalui internet lewat situs openoffice.org dengan cara mendownload nya. Hal ini karena aplikasi ini bersifat open source dan dapat digunakan secara gratis. Aplikasi ini memiliki semua fitur yang kita inginkan dari aplikasi pengolah kata.

Kelebihan OpenOfficeWriter

Dapat dijalankan di berbagai sistem operasi seperti, windows,mac os, linux

Bersifat open source sehingga bisa digunakan secara gratis

3. iWork Pages

iWork Pages adalah perangkat lunak pengolah kata yang harus dimiliki oleh pengguna Apple. Meskipun Microsoft Word tersedia untuk macOS, iWork adalah alternatif asli yang bagus yang membantu pengguna Apple memproses, membuat, dan bekerja dengan dokumen word.

iWork Pages sebelumnya dikenal sebagai AppleWorks, dan merupakan bagian dari rangkaian resmi Apple iWork.

iWork Pages tidak hanya dapat membantu Anda membuat dokumen, tetapi juga dapat membantu Anda berkolaborasi dengan orang lain secara efisien, membuat dokumen animasi dari data Anda, dan bahkan membuat bagan interaktif dari teks Anda.

4. WordPerfect

WordPerfect digambarkan sebagai alternatif Microsoft Office. Di dalam WordPerfect Office, Anda akan memiliki akses ke pengolah kata yang rapi dan efisien yang dapat membantu Anda dengan cepat menyusun dokumen baru, menulis resume, dan bahkan menulis buku.

Salah satu kelebihan dari WordPerfect adalah ia mendukung kolaborasi dengan sekitar 60 format file, sehingga Anda dapat mengimpor dan mengekspor dokumen dari perangkat lunak pihak ketiga mana pun.

5. AbiWord

AbiWord kompatibel dengan sistem operasi terbaru dan UI yang sangat mirip dengan Microsoft Word. Software pengolah kata ini memiliki semua yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan secara efisien, dan tidak akan dikenakan biaya sepeser pun.

Dengan kompatibilitas untuk bekerja dengan semua dokumen teks standar, AbiWord juga memungkinkan Anda untuk berbagi dokumen Anda dengan orang lain dengan mudah atau bahkan menggabungkan surat Anda langsung dengan email Anda.

6. Google Documents

Google Documents adalah salah satu perangkat lunak pengolah kata berbasis web yang paling andal daripada kebanyakan perangkat lunak lainnya yang bisa Anda dapatkan.

Bersama dengan Spreadsheet, Slide, dan Formulir, Documents memungkinkan Anda tidak hanya membuat dokumen dari awal atau mengimpor dan mengedit dokumen yang ada, tetapi juga memungkinkan Anda menyimpan semua dokumen di cloud secara gratis.

Anda dapat dengan mudah mengakses dokumen Anda dari perangkat apa pun, selama Anda masuk ke akun Google Anda.

Selain itu, Google Documents sangat fleksibel sehingga Anda dapat mengekspornya dalam berbagai format seperti halnya mengimpor dokumen.

Namun, satu hal yang perlu diingat adalah Anda harus memerlukan koneksi internet setiap saat untuk mengakses dokumen atau mengerjakannya.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1661137352883_1661137471

Share and Care

Ragam & Fungsi Icon Group Links di Microsoft Word

SIAPBELAJAR.COM - Untuk membuat dokumen tak jarang pengguna akan menyisipkan link tertentu. Link – link ini ditujukan untuk menghubungkan teks dengan file atau situs lain.Fungsi link yang telah d
1660663664510_1660663764

Saintek

6 Macam Aplikasi Pengolah Kata

SIAPBELAJAR.COM - Aplikasi pengolah kata menjadi bagian program yang tak dapat terpisahkan dari kegiatan sehari-hari. Software pengolah kata membantu kita melakukan pengerjaan beragam dokumen tertu
1658739170376_1658739272

Belajar

7 Cara Mengatasi File Word yang Tidak Bisa Dibuka

SIAPBELAJAR.COM - Microsoft Word bisa jadi aplikasi yang cukup sering digunakan kebanyakan orang. Bagaimana tidak, dengan fungsinya yang bisa mengolah teks, Ms. Word jelas berguna untuk mengerjakan tu