Dorong Ekosistem Teknologi Pendidikan Lahirkan Inovasi

Via Mua

Kontributor : Via Mua
Editor : Asop Ahmad

0

0

Saintek
1660191631071_1660191644

Dengan adanya platform tersebut, para guru tidak perlu lagi meninggalkan murid ketika mengikuti pelatihan

SIAPBELAJAR.COM – Pemerintah mendorong dan memastikan ekosistem teknologi pendidikan dapat terus digunakan untuk melahirkan banyak inovasi, baik dalam pembelajaran maupun administrasi pendidikan.

Mendikbudristek, Nadiem Makarim, mengatakan, ada banyak platform teknologi yang telah diluncurkan Kemendikbudristek yang diharapkan menghasilkan banyak karya, inovasi dan kepercayaan diri pada dosen, guru, murid, dan mahasiswa di seluruh Indonesia untuk berani tampil, berani mencoba hal baru, berani gagal.

“Hanya dengan cara itu kita bisa berani sukses,”ujar Nadiem dalam dialog bersama penerima manfaat Ekosistem Teknologi Kemendikbudristek dengan tema “Transformasi dan Inovasi di Sektor Pendidikan Melalui Teknologi” pada peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Tahun 2022, di Jakarta, Rabu (10/8).

Memanfaatkan Aplikasi dengan Maksimal

Kepala Sekolah Menengah Atas Swasta (SMAS) Gabungan Kota Jayapura, Sandra Grace Titihalawa yang menjadi salah satu narasumber pada dialog itu menceritakan manfaat ekosistem teknologi pendidikan di sekolahnya, salah satunya Platform Merdeka Mengajar.

Menurutnya, dengan adanya platform tersebut, para guru tidak perlu lagi meninggalkan muridnya ketika mengikuti pelatihan.

“Dengan adanya fitur belajar mandiri dalam platform Merdeka Mengajar, guru tidak lagi meninggalkan kelas, tetapi dengan mencari waktu kosong dapat bisa meningkatkan pemahaman mereka terkait dengan apa itu Kurikulum Merdeka,” tutur Sandra.

Platform selanjutnya, sambung Sandra, adalah Rapor Pendidikan yang dapat menjelaskan karakteristik sekolah.

“Kita bisa melihat level kita, ada di mana anak-anak kita, sehingga dari Rapor Pendidikan ini kita coba membedah kemudian kita menyusun program supaya anak-anak dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi dan kemudian juga meningkatkan karakter,” tuturnya.

Selain itu, penggunaan platform Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS). Sandra menuturkan, selama ini sekolahnya memerlukan kertas yang banyak untuk membuat laporan.

“Melalui ARKAS, kami sangat terbantu karena kita hanya menginput di ARKAS kemudian pelaporannya dan bukti fisiknya disimpan di sekolah. Itu yang sangat membantu pekerjaan kami secara efektif tidak membutuhkan banyak waktu dalam proses manajemen sekolah,” urainya gembira.

Hal senada disampaikan Guru Penggerak angkatan 2 yang bertugas di SMPN 7 Makassar, Sulawesi Selatan, Nasmur Muhammad Tahir Kohar. Ia menceritakan kebermanfaatan Platform Merdeka Mengajar.

Ia dan guru lainnya dapat belajar secara mandiri bagaimana mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolah masing-masing. “Di situlah kami belajar bagaimana menarik tujuan dari capaian pembelajaran sampai bagaimana membuat modul dan merevisi sebuah modul,” ucapnya. ***

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1662103278104_1662103558

Saintek

Inovasi Teknologi Solar Home System

SIAPBELAJAR.COM - Mahasiswa Politeknik Negeri Cilacap (PNC) berhasil menciptakan inovasi Teknologi Solar Home System pada program PFSains 2022 yang diadakan oleh Pertamina Foundation, Rabu (31/8/20
1660827257935_1660827280

Trending

Semangat Gotong Royong Wujudkan Merdeka Belajar

SIAPBELAJAR.COM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indon
1660789850800_1660789854

Saintek

Sebentar Lagi Jika Anda Ingin Keluar dari WhatsApp Grup Tidak Akan Ketahuan

SIAPBELAJAR.COM - Meta mengumumkan fitur privasi baru untuk pengguna WhatsApp. Pengguna akan dapat meninggalkan obrolan grup secara diam-diam, mengontrol siapa yang dapat melihat status online merek
1660641109557_1660641124

Trending

Kuasai Teknologi dan Berkarakter, Dua Kunci Raih Sukses

SIAPBELAJAR.COM - Wakil Bupati Garut, Jawa Barat, Helmi Budiman, menyebutkan, untuk meraih kesuksesan seseorang harus memiliki pengetahuan terkait teknologi dan memiliki karakter sesuai dengan Tri S
1660663664510_1660663764

Saintek

6 Macam Aplikasi Pengolah Kata

SIAPBELAJAR.COM - Aplikasi pengolah kata menjadi bagian program yang tak dapat terpisahkan dari kegiatan sehari-hari. Software pengolah kata membantu kita melakukan pengerjaan beragam dokumen tertu