Peringatan Palsu di US Emergency Alert System (EAS)

Danang Hamid

Penulis : Danang Hamid
Editor : Danang Hamid

0

0

Saintek
1660008030791_1660008111

Bug seringkali digunakan untuk menyebut masalah kecil atau kecacatan yang dapat mengganggu berjalannya sebuah program

SIAPBELAJAR.COM - Sebuah bug di US Emergency Alert System (EAS), alat yang digunakan untuk mengirimkan peringatan mendesak kepada masyarakat umum, ternyata dapat disalahgunakan oleh Threat Actors (Ancaman Siber) untuk mengirimkan peringatan palsu, yang bisa saja menciptakan kepanikan secara massal.

Bug seringkali digunakan untuk menyebut masalah kecil atau kecacatan yang dapat mengganggu jalannya sebuah program pada komputer atau aplikasi.

Departemen Keamanan Dalam Negeri US (DHS) baru-baru ini mengkonfirmasi temuan ini dalam sebuah nasihat (pertemuan) dan mendesak organisasi yang menggunakan EAS untuk memperketat tindakan keamanan mereka untuk mencegah penyalahgunaan.

Seperti dilansir The Register, bug ata celah tersebut ditemukan oleh peneliti keamanan siber Ken Pyle, yang juga berhasil mengeksploitasinya. Rupanya, bukti konsep sedang dalam pengerjaan dan harus segera disajikan kepada masyarakat umum.

Untuk menjaga agar tetap aman, kata DHS, bisnis perlu memperbarui perangkat keras dan perangkat lunak mereka ke versi terbaru, menerapkan patch keamanan sedapat mungkin, dan menyiapkan firewall sebagai sarana pertahanan ekstra.

Selain itu, perlunya memantau sistem dan secara teratur meninjau log audit, untuk memastikan tidak ada akses ilegal (serangan dari luar) yang terjadi.

EAS adalah alat yang digunakan oleh pemerintah AS untuk mengirim pesan mendesak kepada warganya.

Selama keadaan darurat, Presiden AS dan pejabat negara tingkat tinggi lainnya di negara setempat dapat menggunakan sistem untuk berbicara kepada rakyat Amerika dalam waktu kurang dari 10 menit melalui penyiar TV, TV kabel, sistem kabel nirkabel, satelit dan operator kabel.

Sistem ini dijalankan oleh Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA), Komisi Komunikasi Federal (FCC), dan Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1660008030791_1660008111

Saintek

Peringatan Palsu di US Emergency Alert System (EAS)

SIAPBELAJAR.COM - Sebuah bug di US Emergency Alert System (EAS), alat yang digunakan untuk mengirimkan peringatan mendesak kepada masyarakat umum, ternyata dapat disalahgunakan oleh Threat Actors (Anc
1658364158146_1658364255

Saintek

Setelah Menggoda dengan Kaca Mata Pintar Google Mengumumkan Sedang Menguji AR Glasses

SIAPBELAJAR.COM - Sebelumnya, Google menggoda dengan Google Glasses, kini mereka sedang menguji Augmented Reality Glasses (AR). Pihak Google mengatakan sedang bergerak maju dengan tes publik dalam ska
1657264736340_1657264750

Saintek

Apple Meluncurkan Fitur Lockdown Mode

SIAPBELAJAR.COM- Apple telah mengumumkan fitur keamanan baru untuk melindungi pengguna dari serangan cyber spyware, namanya Lockdown Mode. Lockdown Mode akan ters
1654905902794_1654907067

Saintek

Bus Listrik UI, Siap Menyambut Pelaksanaan KTT G20

SIAPBELAJAR.COM - Pengembangan kendaraan listrik nasional untuk penciptaan industri otomotif di tanah air bernilai sangat strategis mengingat alat transportasi merupakan hal yang sangat vital sebaga