Fitur Live Shoping Dipensiunkan Facebook

Aldena Nanda Riyanto

Penulis : Aldena Nanda Riyanto
Editor : Asop Ahmad

0

0

Saintek
1659616858007_1659616868

Facebook Akan Tutup Fitur Live Shoping

SIAPBELAJAR.COM - Facebook mengumumkan akan menutup fitur “Live Shopping” pada 1 Oktober 2022. Pengumuman tersebut disampaikan langsung melalui blog resmi perusahaan.

Live Shopping sendiri merupakan fitur siaran langsung yang memungkinkan pengguna melakukan aktivitas jual beli secara live di Facebook.

Penutupan fitur live Shopping ini dikarenakan agar perusahaan bisa lebih terfokus terhadap pengembangan Reels di Facebook dan Instagram.

“Dikarenakan perilaku menonton pengguna (telah) beralih ke video berdurasi pendek, kami mengalihkan fokus kami ke Reels di Facebook dan Instagram, (sebuah) produk video berdurasi pendek Meta,” tulis Facebook di blog resminya.

Pengguna masih tetap bisa menggunakan fitur “Facebook Live” untuk melakukan siaran langsung, tetapi pengguna dipastikan tidak akan dapat mengunggah produk dalam bentuk album atau memberi “tag” pada produk, ketika sedang melakukan siaran langsung.

Beralih Fitur

Akses fitu tag produk yang sebelumnya mempermudah penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi akan dihilangkan, sehingga yang sebelumnya harga produk yang berbentuk kolom selama siaran akan ditiadakan saat live.

Pihak Facebook mengajak para penggunanya untuk beralih menggunakan dan memanfaatkan fitur reels yang telah tersedia di Facebook dan Instagram.

Saat ini pihak Facebook sedang berupaya mengikuti algoritma dan tampilan dari TikTok.

Menurut laporan The Verge, perkembangan Reels yang dilakukan kemungkinan bisa menimbulkan “kekhawatiran” di kalangan pengguna lama Instagram. Sebab, pengguna bakal lebih banyak disuguhkan konten dari akun lain secara acak dibanding akun yang diikuti pengguna.

CEO Instagram Adam Mosseri  angkat suara terkait perombakan tampilan Reels.

Mosseri menjelaskan bahwa Instagram akan terus mendukung konten foto, meski seiring berjalannya waktu akan semakin banyak konten berbentuk video di Instagram.

"Saya ingin menegaskan bahwa kami akan terus mendukung foto. Itu bagian dari warisan kami. Namun, saya percaya seiring waktu akan semakin banyak video di Instagram. Kami memperkirakan hal ini meskipun kami tak melakukan perubahan apa pun," jelas Mosseri dalam video yang diunggah di Instagram pribadinya @mosseri, Kamis (28/7/2022).

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1660309821208_1660311045

Trending

Pendiri Facebook Jual Salah Satu Rumah Mewahnya di San Fransisco

SIAPBELAJAR.COM -  CEO Raksasa Media Sosial Facebook, Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan diam-diam  menjual salah satu rumah mereka di San Francisco seharga 31 juta US Dollar dalam kesepakat
1659616858007_1659616868

Saintek

Fitur Live Shoping Dipensiunkan Facebook

SIAPBELAJAR.COM - Facebook mengumumkan akan menutup fitur “Live Shopping” pada 1 Oktober 2022. Pengumuman tersebut disampaikan langsung melalui blog resmi perusahaan.Live Shopping sendiri merupa