7 Tanda ketika HP Anda Terserang Malware

Aldena Nanda Riyanto

Penulis : Aldena Nanda Riyanto
Editor : Asop Ahmad

0

0

Saintek
1659259677951_1659259937

7 Tanda Ketika HP Anda Terserang Malware

SIAPBELAJAR.COM - Istilah Malware atau malicious software merujuk pada perangkat lunak (software) berbahaya yang biasanya dibuat untuk melakukan aksi kriminal.

Malware biasanya digunakan oleh cybercriminal (penjahat dunia maya) untuk mencuri data, menyebabkan kekacauan, dan merusak perangkat.

Data-data yang dicuri bisa berupa data kartu kredit, catatan kesehatan, email dan kata sandi pribadi, identitas pribadi, bahkan menambang bitcoin atau mata uang kripto lainnya.

Tanda-tanda HP terserang Malware

1. Gosh Touch

Gosh Touch adalah kondisi di mana layar HP milikmu bergerak atau bahkan membuka suatu aplikasi secara random tanpa kamu menekannya. Gosh Touch ini tidak selalu dapat diidentifikasi sebagai virus yang ada pada HP, sebab bisa jadi layar HP kamu mengalami kerusakan. Namun kamu tetap perlu mewaspadai akan adanya virus yang mengakibatkan Gosh Touch.

2. Muncul banyak iklan yang mengganggu

Awalnya di HP kamu tidak terdapat banyak iklan, namun tiba-tiba setelah menginstal aplikasi atau mendownload data dari sumber yang tidak terpercaya jadi sebaliknya? HP kamu pun berubah jadi menampilkan banyak iklan yang mengganggu?

Kamu dapat mencurigai bahwa hal itu disebabkan oleh virus yang menyerang HP milikmu. Beberapa virus yang menyerang HP memberikan iklan yang mungkin saja dapat kamu klik secara tidak sengaja dan mengakibatkan HP milikmu bermasalah atau kemungkinan paling mengerikan adalah peretasan data.

3. Baterai terasa lebih boros dari biasanya

Tidak hanya menyerang data, virus juga memengaruhi konsumsi baterai pada HP kamu. Jika sebelumnya HP kamu memiliki daya tahan baterai yang tinggi, namun setelah kamu menginstal aplikasi dari sumber kurang terpercaya HP kamu menjadi boros baterai, bisa jadi itu merupakan salah satu indikator adanya virus.

Virus yang ada pada HP cenderung mengonsumsi banyak baterai untuk mengakses data HP milikmu. Oleh karena itu, kamu perlu memeriksa lagi apakah baterai kamu boros disebabkan oleh virus atau bukan.

4. HP menjadi lemot

Virus juga dapat mengganggu performa HP yang dapat kamu rasakan ketika menjalankan aplikasi. Beberapa virus dapat memengaruhi performa HP kamu yang pada akhirnya menyebabkan error dan tentunya akan merusak HP milikmu

Mungkin dalam beberapa kasus penurunan performa yang kamu rasakan tidak terlalu parah, namun sebagian besar juga membawa dampak bagi HP yang terinfeksi virus.

5. Terinstal aplikasi secara otomatis

Jika terdapat beberapa atau bahkan banyak aplikasi yang terinstal secara otomatis pada HP milikmu tanpa kamu sadari, bisa jadi aplikasi tersebut terinstal karena virus yang menyerang HP kamu.

Dengan adanya aplikasi yang terinstall di HP kamu secara otomatis, tidak hanya data kamu yang bisa diretas, namun pembuat virus juga mendapat keuntungan berkat aplikasi yang terinstal di HP kamu.

6. Penggunaan data yang boros dan cepat habis

Salah satu faktor yang memengaruhi terserangnya virus pada suatu HP adalah penggunaan data atau akses internet yang digunakan untuk membuka website atau mendownload aplikasi yang tidak jelas sumbernya.

Jika kamu merasa penggunaan internetmu boros padahal tidak menggunakan banyak aplikasi, kamu dapat mencurigai bahwa borosnya data internetmu disebabkan oleh adanya virus yang menyerang.

7. Proses Booting yang lebih lama dari biasanya

Ketika menghidupkan HP, kamu akan menunggu hingga proses Booting selesai. Salah satu tanda HP kamu terserang virus adalah lamanya proses Booting yang dilakukan oleh HP milikmu.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa virus dapat mengganggu performa dari HP, Booting merupakan salah satu yang terdampak. Dengan melambatnya proses Booting, maka kamu akan semakin lama untuk bisa menggunakan HP.

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1660443436814_1660443443

Trending

Mengenai Virus Langya yang Terdeteksi di China Timur

SIAPBELAJAR.COM - Para ilmuwan sedang melacak virus baru yang berasal dari hewan di China Timur yang telah menginfeksi setidaknya puluhan orang di sana.Novel Langya henipavirus (LayV) ditemukan pad
1659259677951_1659259937

Saintek

7 Tanda ketika HP Anda Terserang Malware

SIAPBELAJAR.COM - Istilah Malware atau malicious software merujuk pada perangkat lunak (software) berbahaya yang biasanya dibuat untuk melakukan aksi kriminal. Malware biasanya digunakan oleh cyberc
16;9 (32)_1658131005

Trending

Kasus Pertama Virus Marburg di Ghana, Afrika Barat

SIAPBELAJAR.COM - Ghana telah mengkonfirmasi dua kasus pertama virus Marburg yang mematikan. Virus tersebut menyebabkan penyakit yang sangat menular. Virus Marburg berada dalam keluarga yang sama de
1654248730074_1654248736

Trending

Kenali Gejala Penyebab dan Cara Penyembuhan Flu Singapura

Yuk kenali apa itu flu Singapura mulai dari penyebab, gejala, hingga cara penyembuhannya. Flu Singapura atau hand, foot, and mouth disease (HFMD) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus genus En