SMK Raden Umar Said Kudus Buat Alat Virtual Reality, Apa Itu?

Via Mua

Kontributor : Via Mua
Editor : Danang Hamid

0

0

Saintek
1659153719794_1659153729

Satuan pendidikan didorong menciptakan kesempatan lebih luas bagi siswa vokasi terjun ke dunia kerja

SIAPBELAJAR.COM – Teknologi virtual reality (VR) mungkin masih asing di telinga sebagian orang. Belum banyak yang tahu tentangnya, lantaran alatnya memang masih sangat terbatas.

Sederhananya, virtual reality digunakan untuk memasuki dunia virtual dengan bantuan perangkat lunak atau aplikasi yang tersambung sebuah perangkat berupa kaca mata virtual yang menutup mata, sehingga yang memakainya dibawa ke dalam dunia virtual yang berisi kumpulan obyek-obyek virtual.

Peluang itu ditangkap SMK Raden Umar Said (RUS) Kudus, Jawa Tengah, dengan membuat alat VR. Tujuannya untuk memudahkan peserta didik menemukan minat ataupun memudahkan dirinya mempelajari kondisi pekerjaan di lapangan tanpa harus terjun secara langsung.

“Awalnya kami mengerjakan proyek ini adalah karena adanya keresahan bagaimana agar siswa/siswi SMK dapat diterima bekerja di industri. Permasalahannya, inisiatif atau soft skill kurang. Mereka agak kagok ketika langsung praktik di industri, mungkin takut akan kesalahan,” jelas Creative Director RUS Animation, Ivan Nadi, dalam Mahakarya Vokasi, “Vokasiland: Road to Hakteknas 2022”, di Surabaya, Jawa Timur (28/7).

Ia mencontohkan, di jurusan animasi banyak divisi yang membutuhkan penguasaan bidang ilmu berbeda. Di samping bagaimana produk ini juga dapat menyampaikan informasi secepat mungkin. “Kita juga mau agar yang berada di wilayah pelosok turut mendapatkan informasi yang terkini,” jelasnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati, mengatakan, kementerian mendorong kolaborasi dari satuan pendidikan ini untuk menciptakan kesempatan lebih luas bagi siswa vokasi terjun ke dunia kerja.

"Jadi, Vokasiland ini bukan akhir, justru ini adalah permulaan untuk inovasi-inovasi yang lebih berkembang ke depan. Harapannya, akan tumbuh teknologi dan inovasi yang bisa menjawab kebutuhan masyarakat," katanya.

Hasil kolaborasi

Hadirnya teknologi ini sejatinya juga tak lepas dari kolaborasi. Pihak SMK RUS menyediakan konten, lalu diolah oleh Pijar Foundation. “Teknisnya kami kolaborasi dengan menyediakan konten. Namun, konten harus ada analisis terlebih dahulu hingga butuh kerja sama dengan yang lainnya. Hasil ini mempermudah proses pembelajaran. Hingga nantinya, bisa terbayang juga bagaimana bekerja di industri. Kami membuat contoh dengan memperlihatkan suasana dan produk,” terang Ivan.

Ivan menjelaskan, pihaknya terlebih dahulu menyusun susunan cerita (storyline) layaknya sebuah film agar menarik. Adapun jumlah anggota tim yang terlibat sekitar 10-15 siswa SMK. “Lalu masukkan penjelasan hingga penutup berupa survei. Misalnya ketika mengambil jurusan animasi, cocoknya di mana,” jelasnya.

Lantas, bagaimana cara penggunaannya? Caranya sangat mudah karena cukup mengunduh aplikasi yang tersedia di telepon pintar. Lalu smartphone diletakkan bersama dengan perangkat yang akan membawa mereka ke dunia animasi. 

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

1660641109557_1660641124

Trending

Kuasai Teknologi dan Berkarakter, Dua Kunci Raih Sukses

SIAPBELAJAR.COM - Wakil Bupati Garut, Jawa Barat, Helmi Budiman, menyebutkan, untuk meraih kesuksesan seseorang harus memiliki pengetahuan terkait teknologi dan memiliki karakter sesuai dengan Tri S
1660556899906_1660556908

Seniraga

Tampilan Budaya Berteknologi Tutup IOI di Yogyakarta

SIAPBELAJAR.COM - Perhelatan International Olympic on Informatics (IOI) yang digelar di Yogyakarta, 7 s.d. 15 Agustus 2022, ditutup dengan pertunjukan budaya di Ramayana Ballet Dance
1660191631071_1660191644

Saintek

Dorong Ekosistem Teknologi Pendidikan Lahirkan Inovasi

SIAPBELAJAR.COM – Pemerintah mendorong dan memastikan ekosistem teknologi pendidikan dapat terus digunakan untuk melahirkan banyak inovasi, baik dalam pembelajaran maupun administrasi pendidikan.M
1659673291798_1659673300

Ekonomi

Industri Tekstil Tumbuh Baik, Siapkan SDM Vokasi Berkualitas

SIAPBELAJAR.COM - Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) tumbuh signifikan pada 2021. Angkanya mencapai 12,45 persen. Kinerja ekspornya pun mengalami peningkatan. Untuk itu diperlukan upaya seriu
1659680052922_1659680061

Belajar

Warga Madrasah Harus Adaptif, Jangan Cuma Jadi Penonton

SIAPBELAJAR.COM – Para guru dan peserta didik madrasah diingatkan untuk pandai beradaptasi dengan perkembangan zaman. Warga madrasah jangan cuma jadi penonton dari kemajuan peradaban, tetapi harus