Rumah Edukasi Tekankan pada Pendidikan Karakter

oleh -2 views
Rumah Edukasi Tekankan pada Pendidikan Karakter (inilahkoran.com)
Arrief Ramdhani
Rumah Edukasi Tekankan pada Pendidikan Karakter (inilahkoran.com)
Rumah Edukasi Tekankan pada Pendidikan Karakter (inilahkoran.com)

EMPAT tahun berdiri, Komunitas Rumah Edukasi sejauh ini cukup memberikan dampak yang baik kepada anak-anak di seputaran Jalan Sederhana Kota Bandung.
Hal ini terbukti jumlah anak yang tergabung dalam komunitas ini sebanyak 40 orang. Meski begitu, menurut data yang mereka catat keseluruhan anak berjumlah 100 orang.

“Menurut saya respons dari anak-anak ini bagus. Bukan karena jumlahnya banyak, tapi yang terpenting mereka bisa mendapatkan hal lain di luar sekolah. Misalnya kalau di sekolah mereka hanya mendapatkan secara teori, kita di sini mendapatkan teorinya tapi sambil bermain juga,” papar Koordinator Rumah Edukasi, Khus Indra, saat ditemui INILAH di Jalan Sederhana Kota Bandung, Sabtu (9/5).

banner 728x90

Bukan tanpa alasan pria lulusan Universitas Maranatha ini membentuk Rumah Edukasi. Menurut dia, Jalan Sederhana merupakan salah satu wilayah yang berada di pusat Kota Bandung, tapi banyak anak-anak sekolah khususnya anak-anak SD setiap pulang sekolah selalu bergerombol dan tidak ada aktivitas lain yang lebih positif. Tak hanya itu, sebagian dari mereka juga jika berkomunikasi dengan teman-temannya banyak yang menggunakan kata-kata kasar.

“Berangkat dari sana kita jadi ingin mengajar ke anak-anak itu. Dulu adanya hanya kelas Bahasa Inggris kemudian kami kembangkan ada kelas Matematika. Tapi kita disini lebih ke pendidikan karakter itu. Itu yang menjadi landasan kita,” katanya.

Meski jumlah siswanya cukup banyak, namun sejauh ini Rumah Edukasi masih mampu untuk mengatasi anak-anak tersebut. Mengingat Sumber Daya Manusia (SDM) mereka yang terbatas. “Bisa teratasi. Jadi kami menyesuaikan aja dengan jadwal, karena kan sebagian dari kami kuliah juga,” ucapnya.

Disinggung mengenai dana, saat ini Rumah Edukasi mendapatkan dana tersebut dari beberapa donatur sementara yang rela berbagi dengan mereka. Meskipun tidak begitu banyak, namun saat ini kebutuhan untuk Rumah Edukasi masih bisa teratasi dengan baik.

“Misalnya kita ngasih proposal ke mana, nanti kita ajukan ke teman-teman. Seperti itu saja sih. Kalau untuk alat-alat seperti buku dan lainnya ini hasil sumbangan dari beberapa temen kami,” ujarnya.

Dia berharap, dengan hadirnya Komunitas Rumah Edukasi di tengah-tengah masyarakat ini bisa berdampak baik entah itu bagi orang tua siswa, ataupun siswa-siswanya itu sendiri. Tak hanya itu, dia pun menginginkan komunitas ini bisa berdampak baik bagi masyarakat di seputaran Jalan Sederhana Kota Bandung.

“Semoga dengan adanya ini saya berharap, anak-anak yang telah bergabung dengan kami bisa menjadi manusia yang baik, maksud baik itu mereka punya tata cara moral baik, berpikir yang baik, jadi mereka itu benar-benar menjadi manusia yang utuh,” pungkasnya. (inilahkoran.com)