Roadshow Imajinasi Ajak Anak Desa Hidup Bersih dan Sehat

oleh -10 views
Roadshow Imajinasi Ajak Anak Desa Hidup Bersih dan Sehat.(inilahkoran.com)
Arrief Ramdhani
Roadshow Imajinasi Ajak Anak Desa Hidup Bersih dan Sehat.(inilahkoran.com)
Roadshow Imajinasi Ajak Anak Desa Hidup Bersih dan Sehat.(inilahkoran.com)

MESKI sederhana, Roadshow Imajinasi yang digelar Komunitas Warung Imajinasi ini mampu memberikan keceriaan sekaligus wawasan baru kepada anak-anak di sejumlah desa.
Berbagi kecerian bersama anak-anak di sejumlah daerah Jawa Barat menjadi sesuatu momen penting dan membanggakan bagi anggota Komunitas Warung Imajinasi. Para relawan pun dapat memetik banyak pengalaman berharga lewat kegiatan Roadshow Imajinasi.

Kegiatan mengajak anak-anak desa belajar, bermain, dan berkesenian ini digelar Warung Imajinasi untuk menyambut hari jadi komunitas yang memfokuskan diri dalam bidang pendidikan dan seni ini.

banner 728x90

Setiap akhir pekan, para relawan akan mengunjungi anak-anak usia dini, SD, dan SMP di beberapa desa di wilayah Bandung Raya. Di antaranya Desa Neglasari Majalaya Kabupaten Bandung, Desa Manoko Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB), Desa Cikanoman Cililin (KBB), dan yang terakhir adalah Desa Sukawarna Lembang (KBB).

Di tempat itu para relawan menggelar berbagai macam aktivitas yang tentunya diharapkan bisa memberikan wawasan dan pengetahuan baru, bagi anak-anak maupun warga desa yang mereka kunjungi.

Pada kegiatan Roadshow Imajinasi kali ini, tema yang diangkat yaitu Kebersihan. Sesuai tema tersebut, ada beberapa kegiatan yang dilakukan. Antara lain praktik bersama cara-cara mencuci tangan pakai sabun dan praktik gosok gigi yang baik dan benar.

Mengingat jumlah anak-anak yang mengikuti kegiatan ini cukup banyak, para relawan pun mengelompokan anak-anak tersebut. Setiap kelompok terdiri dari 10 anak dan didampingi tiga vouleenter dari Komunitas Warung Imajinasi.

Saat kegiatan berlangsung, tampak terlihat puluhan anak-anak ini sangat senang dan menikmati kegiatan sederhana ini. Dari setiap desa yang mereka kunjungi lebih dari 50 anak yang ikut berpartisipasi.

“Secara umum tema tahun ini promosi kebersihan, jadi edukasi tentang pentingnya kebersihan kepada anak-anak. Jadi dari empat desa yang kita kunjungi itu kegiatannya sama tentang edukasi kebersihan,” papar Ketua Warung Imajinasi, Wenda Averroes Akil saat ditemui INILAH dijalan Curie, Kota Bandung, Kamis (26/11).

Dia mengatakan, dalam kegiatan yang berlangsung lebih dari tiga jam itu, anak-anak tidak hanya diajak praktik cuci tangan dan gosok gigi saja. Sebab ada pula kegiatan yang tak kalah pentingnya dan menarik, yaitu permainan.

Setiap kelompok, anak-anak ini akan menampilkan yel-yel nyanyian yang menarik dan sangat menghibur. Mereka bernyanyi, gembira, tertawa, bahagia bercampur menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan.

“Kenapa saya ambil tema Kebersihan? Karena kita memang belum pernah ambil tema seperti itu dan itu menurut saya sangat penting. Kalau Roadshow Imajinasi sebelumnya kita angkat tema tentang Mimpi, simulasinya juga kita arahkan ke sana, penggalian potensi diri, dan lainnya,” katanya.

Tentang alasan memilih menyambangi empat desa di atas, Wenda Averroes Akil menjelaskan, karena desa-desa tersebut berada di area terpencil yang jauh dari pusat kota. Sehingga dengan kehadiran komunitas Warung Imajinasi diharapkan bisa menjadi sesuatu yang spesial bagi mereka.

“Antusias anak-anak dan warga desa kalau saya lihat sih, sangat senang. Kendala yang kita hadapi paling akses jalan menuju lokasi yang masih butuh perbaikan,” imbuhnya.

Dia berharap, kegiatan yang cukup singkat ini setidaknya bisa memberikan dampak positif bagi anak-anak. Wawasan yang diberikan bermanfaat dan bisa menjadi bekal mereka melakukan kegiatan positif lainnya.

“Semoga mereka juga bisa mengajarkan pengetahuan tentang kebersihan dan kesehatan ini ke orang lain, jadi ilmunya bisa menular ke yang lainnya. Mudah-mudahan ke depannya kita juga bisa menyasar orang-orang dewasa,” pungkasnya. (inilahkoran.com)