RNPK 2014: Dasar Penyusunan RPJMN bidang Pendidikan dan Kebudayaan Lima Tahun Mendatang

oleh -2 views
kemdikbud.go.id
Arrief Ramdhani
kemdikbud.go.id
kemdikbud.go.id

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali akan menggelar Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) yang diselenggarakan di Jakarta, pada 5-7 Maret 2014 mendatang. Kegiatan tahunan ini rencananya akan dibuka oleh Wakil Presiden RI, Boediono dan menghadirkan Menteri Dalam Negeri yang akan menyampaikan paparan mengenai koordinasi pelaksanaan program-program pendidikan yang ditangani daerah.    Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Ainun Na’im mengatakan, RNPK tahun ini akan fokus pada 2 hal.

Pertama, evaluasi capaian pembangunan pendidikan dan kebudayaan yang terkait dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014. Kedua, program strategis penuntasan implementasi Kurikulum 2013 di tahun 2014. “Di samping itu pula, tentu masih ada sejumlah topik yang akan dibahas dalam RNPK,” kata Ainun saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (26/2). Ia menjelaskan, evaluasi capaian pembangunan pendidikan dan kebudayaan selama lima tahun terakhir ini akan menjadi dasar bagi penyusunan RPJMN bidang pendidikan dan kebudayaan untuk lima tahun mendatang. Oleh karena itu, diskusi mengenai topik ini sangat penting karena menyangkut rencana pembangunan pendidikan dan kebudayaan di masa mendatang. Selain itu, pada topik kedua tentang penuntasan implementasi Kurikulum 2013, Kemdikbud berharap pelaksanaan program tersebut dapat berlangsung baik dan lancar. “Ini kaitannya dengan penyediaan buku dan pelatihan guru.

Butuh komitmen dan pemahaman yang sama tentang pelaksanaan Kurikulum 2013 agar dapat berjalan dengan baik,” lanjutnya.  Ainun juga menambahkan, topik tentang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) masih menjadi bahasan rutin dalam agenda RNPK. Hal ini mengingat, pentingnya pendidikan bagi anak-anak usia dini dengan usia emasnya. Selain itu, pembahasan tentang kualitas pendataan pendidikan, meliputi data satuan pendidikan, peserta didik, dan pendidik serta tenaga kependidikan, juga tidak luput dibahas dalam RNPK 2014. “Ada pula topik yang berkaitan dengan pendidikan tinggi, seperti penerapan implementasi Undang-undang Pendidikan Tinggi,” ujar Ainun.  Ia berharap, RNPK yang rencananya akan dihadiri sekitar 1.000 orang tersebut dapat berjalan baik dan lancar. “Kita juga berharap tujuan pelaksanaan RNPK, yaitu untuk penyusunan RPJMN lima tahun mendatang dapat tercapai, serta pelaksanaan Kurikulum 2013 juga berjalan lancar,” imbuhnya.(kemdikbud.go.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.