Rindu Belajar di kelas

oleh -102 views
Penulis: Restiani Mahasiswa IAIC Dan Anggota komunitas Literasi TABANA. Instagram: Restiani504, Facebook: Restiani, Email: suarahatiresti@gmail.com

Siapbelajar.com – Sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 ialah meliburkan sekolah.

Pada mulanya semua siswa/i bersorak ramai menyambut kedatangan libur yang lumayan agak lama kala itu. namun belakang ini, terdengar keluhan belajar di rumah selama bebrapa bulan ini.

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Keluhan ini terdengar tidak hanya dari murid saja melainkan orang tua juga merasakan keluhan di era pendemi ini. Bagaimana tidak, Orang tua harus membantu Anak nya belajar Di rumah dibarengi dengan tugas sebagai ibu rumah tangga.

“Dirumah aja bosen !, rindu belajar di kelas !” terdengar lirih dari sekumpulan anak-anak yang sedang bermain di teras rumah. seingat mereka, sekolah mulai memberlakukan kegiatan belajar Online ( home learning ) sudah hampir 4 bulan.

Kini mereka pun mulai rindu dengan kegiatan belajar di kelas. Tidak hanya itu mereka pun rindu belajar tatap muka, berinteraksi langsung dengan guru, pun rindu bergaul dengan teman sebayanya.

“ Belajar di kelas lebih enak , Lebih mudah paham dan lebih asyik” kata Risa.

Pasalnya Ia lebih mudah mengungkapkan segala aspirasinya, dari mulai mudah bertanya ketika ada materi yang tidak di pahami, menyampaikan argumen dan hal lainnya. Menurutnya,

Di rumah aja belajar kurang efektif, selain materi sulit di pahami, pengeluaran kuota internetpun membengkak selama home learning.

Di tambah lagi keterbatasan sinyal internet yang kadang tak tertangkap. Ia juga mengungkapkan bahwa selama kegiatan home learning ini, budaya literasi sangat di perlukan.

Menimbang banyak bacaan yang banyak, di tambah lagi tugas dari guru berupa nasrasi. Bagi sebagian mungkin lebih asyik home learning, tapi tetap belajar di kelas lebih nyaman dan asyik. Hadirnya banyak teman-teman dikelas mempengaruhi juga pada mood belajar.

“ pokoknya, sudah tak sabar rindu belajar di kelas, Semoga pandemi ini segera berlalu, karena tidak semua paham dengan bahasa tulisan kadang pula hanya paham dengan bahasa lisan” Ujar Risa.

Penulis: Restiani Mahasiswa IAIC Dan Anggota komunitas Literasi TABANA. Instagram: Restiani504, Facebook: Restiani, Email: suarahatiresti@gmail.com