Ribuan Mahasiswa Baru IPB Ikuti MPKB

oleh -3 views
Masa perkenalan kampus mahasiswa baru IPB.(humas IPB)
Arrief Ramdhani
Masa perkenalan kampus mahasiswa baru IPB.(humas IPB)
Masa perkenalan kampus mahasiswa baru IPB.(humas IPB)

RIBUAN mahasiswa baru IPB dengan antusias mengikuti acara Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) IPB Angkatan 51. MPKMB IPB bertema “Kreator Peradaban Berani beraksi, Gapai Pertanian Madani, Majukan Peradaban Negeri”, digelar di Grha Widya Wisuda, Kampus IPB Dramaga (22/8) lalu.
Mahasiswa baru yang dibalut seragam putih tersebut dengan seksama mendengarkan motivasi yang disampaikan langsung oleh Rektor IPB, Prof Dr Herry Suhardiyanto, MSc. Rektor menyampaikan hasil riset Mc. Kirsey Global Institute, yang memprediksi bahwa pada tahun 2030, Indonesia adalah negara ke-7 terbesar di dunia melampaui negara-negara maju seperti Jerman dan Inggris.

Ditambahkan Rektor, Indonesia pada 2035 diproyeksikan akan berpenduduk sekitar 305 juta jiwa dengan piramida struktur demografi tergolong sehat 67, 9 persen. Hal tersebut dapat dibandingkan dengan negara maju saat ini, seperti Amerika, yang didominasi penduduk usia tua. “Namun berlimpahnya penduduk Indonesia jika tidak diimbangi pendidikan, produktivitas, sekaligus penciptaan lapangan pekerjaan yang memadai, maka ini semua merupakan tantangan,” ujar rektor.

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

Rektor juga menyinggung tentang tingkat harapan hidup bangsa Indonesia dari Human Development Report UNDP 2013. “Untuk Indonesia tingkat harapan hidup 121 HDI, masih jauh tertinggal dibandingkan bangsa lain, seperti Singapura dengan angka 18 dan Malaysia 64. Tantangan lainnya berkaitan dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN yang akan dimulai pada akhir 2015. ASEAN menjadi pasar tunggal berbasis produksi. Selain itu arus bebas tenaga kerja terampil dari luar negeri akan terus berdatangan,” urai rektor.

Untuk itu, Rektor berharap mahasiswa baru IPB dapat menjadi kreator peradaban yang berani beraksi, dalam menggapai pertanian yang madani untuk memajukan peradaban negeri. Tak lupa, Rektor berpesan, mahasiswa baru IPB hendaknya mempersiapkan penguatan kapasitas keterampilan, termasuk keterampilan bahasa inggris. Ditegaskan Rektor, empat tahun menjadi mahasiswa akan sangat bermakna, untuk terus belajar menggali ilmu, mengembangkan bakat untuk menjawab tantangan yang telah diprediksi Mc. Kirsey.
Acara MPKMB IPB akan berlangsung hingga tanggal 28 Agustus 2014 dengan menghadirkan pembicara-pembicara yang dapat memberikan ilmu dan inspirasi bagi mahasiswa baru.(republika.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.