RI Peringkat ke 64 untuk Pendidikan

oleh -5 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

MENURUT Education For All Global Monitoring Report 2012 yang dikeluarkan oleh UNESCO setiap tahunnya, pendidikan Indonesia berada di peringkat ke-64 untuk pendidikan di seluruh dunia dari 120 negara. Data Education Development Index (EDI) Indonesia, pada 2011 Indonesia berada di peringkat ke-69 dari 127 negara.
Sekretaris Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M. Eng, Sc pun menjelaskan mengenai kondisi pendidikan di Indonesia.

“Berdasarkan data Kemendikbud 2010, di Indonesia terdapat lebih dari 1,8 juta anak tiap tahun tidak dapat melanjutkan pendidikan, disebabkan oleh tiga faktor, yaitu ekonomi, kerja usia dini untuk mendukung keluarga dan pernikahan di usia dini,” ujarnya, saat sambutan peresmian Universitas Siswa Bangsa Internasional, di Sampoerna Strategic Square, Jakarta, Sabtu (1/6/2013).

Lanjutnya, pada 2020 Indonesia akan mencapai urutan ke-5 setelah negara China, Amerika Serikat (AS), India, Rusia, dan Jepang dari prediksi hasil pemantauan pendidikan dunia.

“Pada 2010, kontribusi empat persen lulusan Indonesia di dunia dan pada 2020 naik menjadi enam persen di dunia,” lanjutnya.

Menurutnya, salah satu indikator untuk mungukur dari pendidikan tinggi, semua lulusan perguruan tinggi S1 diwajibkan membuat jurnal.

“Di Indonesia, pada 2013 dari 7,1 juta pengangguran di Indonesia, 5,04 persen dari sarjana. Jadi, ada 360 ribu sarjana yang pengangguran di tahun 2013,” pungkasnya.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.