Revitalisasi Gerakan Pramuka untuk Perkuat Karakter Bangsa

oleh -4 views
kemdikbud.go.id
Arrief Ramdhani
kemdikbud.go.id
kemdikbud.go.id

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono meminta, agar revitalisasi Gerakan Pramuka harus terus diarahkan ke pemantapan gerakan dalam memperkuat karakter bangsa. Menurut SBY, karakter dan watak bangsa, yang unggul, akan mampu mempertahankan nilai-nilai bangsa.

“Peran generasi muda sebagai subyek sejarah, aktor kritis, dan kreator, yang menentukan wajah masa depan bangsa harus dibina,” ujarnya.

Menurut SBY, pemantapan Gerakan Pramuka dalam memperkuat karakter bangsa dapat dilakukan melalui empat konsensus bangsa Indonesia, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), dan Bhinneka Tunggal Ika. “Insya Allah akan mempertahankan cita-cita generasi muda untuk menjadi generasi, yang cerdas, tangguh, unggul, inovatif, dan mandiri.”

“Kita ingin memiliki generasi muda yang berakhlak mulia, memiliki sikap toleran, humanis, dan siap bersaing dengan dunia global,” lanjut Presiden.

Peran serta Gerakan Pramuka di Tanah Air dalam pemantapan karakter bangsa terus berkembang. Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Azrul Azwar sebelumnya menyampaikan mengenai keberhasilan gerakan Pramuka selama kurun waktu tujuh tahun terakhir.

Keberhasilan ini dibagi menjadi tiga tahapan. Pertama, pencanangan program Revitalisasi Pramuka oleh SBY tahun 2006. Kedua, terbitnya Undang-Undang No.12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Ketiga, masuknya pendidikan kepramukaan ke dalam Kurikulum 2013 sebagai ekstrakurikuler wajib.(kemdikbud.go.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.