Rembuknas, Mendikbud Ajak Publik Terlibat dalam Pendidikan

oleh -3 views
Mendikbud Anies Baswedan.(antaranews.com)
Arrief Ramdhani
Mendikbud Anies Baswedan.(antaranews.com)
Mendikbud Anies Baswedan.(antaranews.com)

MENCIPTAKAN pendidikan yang baik tidak cukup hanya dilakikam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Mendikbud Anies Baswedan pun mengajak keterlibatan publik.

Ajakan tersebut disampaikan Anies saat membuka Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2016. Forum ini, kata Anies, dimaksudkan untuk menjadikan ajang berbagi stakeholder pendidikan dan para pemimpin daerah.

banner 728x90

“Tahun ini publik ikut dilibatkan. Jadi secara operasional, pendidikan dilakukan secara bersama-sama anntara kementerian dan masyarakat. Kegiatan ini diintegrasikan,” ujar Anies di Pusdiklat Sawangan, Minggu (21/2/2016).

Sekira 1.000 peserta mengikuti kegiatan tahunan Kemdikbud tersebut. Para pembicara yang hadir juga didatangkan dari berbagai latar belakang, seperti Handry Santriago yang merupakan CEO General Electric.

“Ini merupakan karya Indonesia yang berhasil menjadi CEO di kelas dunia. Dia merupakan produk Indonesia. Sekolah dan berkuliah, dia ini bisa menunjukkan perkembangannya,” imbuh Anies.

RNPK 2016 berlangsung 21-23 Februari dan mengambil tema “Meningkatkan Pelibatan Publik dalam Membangun Ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan di Pusat dan Daerah”. Selain sidang pleno, peserta RNPK 2016 akan bersidang di tujuh komisi. Komisi 1 fokus pada pembahasan tema PAUD dan Dikmas dalam Mencerdaskan Masyarakat; Komisi 2 membahas Wajib Belajar 12 Tahun; Komisi 3 Tata Kelola Guru dan Tenaga Kependidikan; Komisi 4 Kurikulum, Penilaian, dan Akreditasi; Komisi 5 Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Internasional; Komisi 6 Membangun Budaya dan Budaya Membangun; serta Komisi 7 Efektivitas Birokrasi, Pelibatan Publik, dan Hubungan Pusat dan Daerah.(kampus.okezone.com)