Kapan Doa Akhir Tahun Dibaca? Simak Penjelasannya

Agus Salim

Kontributor : Agus Salim
Editor : Danang Hamid

0

0

Religi
1659068034186_1659068140

Ilustrasi Berdoa

SIAPBELAJAR.COM - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Dirjen Bimas Kemenag) Kamarrudin Amin, mengungkapkan tahun baru Islam atau 1 Muharram 1444 Hijriah jatuh pada Sabtu, 30 Juli 2022

Setiap pergantian Tahun Baru Islam, umat muslim biasanya membaca doa akhir tahun dan doa awal tahun. Nah, kapan doa akhir tahun dibaca?Apakah boleh membaca doa akhir dan awal tahun kapan saja? Tentu tidak, ada waktu khusus atau terbaik untuk membaca doa akhir tahun dan awal tahun ini.

Kapan doa akhir tahun dibaca?

Dikutip dari laman Majelis Ulama Indonesia (MUI), dalam penanggalan tahun Hijriah, hari baru dihitung saat waktu Maghrib. Itu artinya, doa akhir tahun dianjurkan dibaca antara setelah Ashar hingga sebelum Maghrib pada hari terakhir bulan Dzulhijjah.

Keutamaan dalam membaca doa akhir dan awal tahun adalah untuk menghapus dosa selama setahun yang lalu dan dijaga dari fitnah setan untuk setahun berikutnya. Hal ini sebagaimana yang telah disampaikan oleh Syaikh Abbas Al-Qummy dalam kitabnya, Mafatihul Jinan.

Di dalam kitab tersebut disebutkan, barangsiapa membaca doa akhir tahun maka setan berkata, "Celaka! Sia-sia usahaku satu tahun ini yang menggoda anak Adam, telah dihancurkan hanya dengan sesaat sebab membaca doa ini. Maka aku bersaksi, ia telah mengakhiri tahun ini dengan segala kebaikan".

Dan jika ditambah dengan membaca doa awal tahun maka setan akan berkata, "Anak Adam itu telah aman dariku di sisa umurnya di tahun ini, karena Allah SWT telah mewakilkan dua malaikat yang akan menjaganya dari fitnah setan".

Dalil bahwa Rasulullah SAW pernah berdoa saat awal bulan atau akhir tahun adalah hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Hisyam berikut:

"Dari Abdullah bin Hasyim, ia berkata bahwa para Sahabat Rasulullah SAW mempelajari doa berikut jika memasuki tahun atau bulan Ya Allah, masukan kami ke dalamnya dengan aman, iman, selamat dan Islam. Mendapatkan ridho Allah dan dijauhkan dari gangguan setan”, (HR Thabrani, Al Hafizh Al Haitsami menilai Hasan). 

Doa Akhir Tahun Baru Islam Bacaan Latin dan Artinya.

"Washallallahu 'alaa Sayyidina wamauwlaana Muhammadiw wa'alaa aalihi washohbihi wasallam. Allahumma ma ‘amiltu min ‘amalin fi hadzihis sanati ma nahaitani ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘ala ‘uqubati, wa da‘autani ilat taubati min ba‘di jara’ati ‘ala ma‘shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirli wa ma ‘amiltu fiha mimma tardha, wa wa‘attani ‘alaihits tsawaba, fa’as’aluka an tataqabbala minni wa la taqtha‘ raja’i minka ya karim. Washallallahu 'alaa Sayyidina Muhammadiw wa'alaa aalihi washohbihi wasallam".

Artinya:

"Semoga rahmat dan salam Allah SWT atas Gusti kita Nabi Muhammad SAW dan keluarga serta sahabatnya. Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu".

Demikian sobat Siapbelajar.com penjelasan tentang kapan doa akhir tahun dibaca serta penjelasan keutamaan dan bacaan latinnya. Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah, Sobat!

Komentar (0)

komentar terkini

Berita Terkait

06817263-f3e5-400c-9adb-acfbd0dc7a7c_1659161858

Share and Care

Spirit Muharram

Oleh: Ateng Chozany MiftahSIAPBELAJAR.COM - Waktu terus bergulir tanpa sesaatpun bisa diberhentikan. Tidak terasa, atas karunia Allah SWT alhamduillah kini kita sudah berada di bulan Muharram, Tahu
1659099567864_1659099703

Religi

Asal Usul Dibuatnya Kalender Hijriah oleh Khalifah Umar Bin Khattab

SIAPBELAJAR.COM - Muharram merupakan bulan pembuka dalam kalender Islam, Muharrram juga merupakan salah satu bulan yang di antara empat bulan lainnya diistimewakan dalam Al-Quran. ”Sesungguhnya
1659149830635_1659149908

Religi

Dalil Puasa di Bulan Muharram dan Keutamaannya

SIAPBELAJAR.COM - Puasa Muharram adalah puasa yang dilakukan di bulan Muharram, bulan pertama dalam kalender hijriah. Puasa Muharram hukumnya sunah, sebagian keterangan menyebutkan puasa muharr
1659068034186_1659068140

Religi

Kapan Doa Akhir Tahun Dibaca? Simak Penjelasannya

SIAPBELAJAR.COM - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Dirjen Bimas Kemenag) Kamarrudin Amin, mengungkapkan tahun baru Islam atau 1 Muharram 1444 Hijriah jatuh pada S