Rektor Unpad dan UKM Bakal Buka SKIM

oleh -11 views
Arrief Ramdhani

Kampus-Unpad-Bandung

GELARAN Simposium Kebudayaan Indonesia Malaysia (SKIM) ke-13 rencananya akan dibuka langsung oleh kedua pimpinan Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM).
Hal itu dikatakan Ketua Pelaksana SKIM Soni A Nulhaqim kepada INILAH.COM beberapa waktu lalu.

“Nanti simposium akan dibuka langsung oleh Rektor Unpad Ganjar Kurnia dan Vice-Chancellor of UKM Tan Sri Dato’ Wira Sharifah Hapsah Syed Hassan Shahabuddin,” kata Soni.

Menurutnya, tema yang diusung yakni ‘Inovasi dan Kewirausahaan untuk Kemamuran dan Kedaulan Bangsa’ sangat relevan dengan keadaan sekarang dan masa yang akan datang.

Terlebih, Soni menyebutkan, inovasi dan kewirausahaan berlandaskan kearifan lokal dapat dijadikan momen menuju ASEAN Community pada 2015 mendatang.

“Diharapkan dengan simposium ini akan membawa kedewasaan ekonomi bangsa melalui kerja sama dan jaringan ekonomi antarbangsa. Perubahan pemikiran dan sikap sivitas akademika terkait tema itu diperlukan untuk menghasilkan lulusan yang berpikir inovatif, kreatif, dan memiliki jiwa entrepreneurship,” bebernya.

Selain itu, dalam SKIM yang akan digelar pada 12-14 November 2013 itu menghadirkan sekitar 250 pemakalah dari beberapa negara.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sapta Nirwandar dan CEO Malaysian Biotechnology Corporation Y Bhg Dato’ Mohd Nazlee Kamal pun akan turut ambil bagian. Kedua petinggi itu menjadi pembicara pada ceramah utama simposium bertempat di Kampus Unpad Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Sedangkan, pemakalah lainnya akan mengikuti simposium pleno. Mereka akan membahas seputar subtema terkait dengan ketahanan pangan, kesehatan, budaya, bahasa, sastra, sosiologi, antropologi, informasi teknologi, lingkungan, energi, kebijakan, ekonomi bisnis, sosial, serta politik dan keamanan.

Ditambahkan Soni, SKIM terbuka bagi partisipan dari akademisi, praktisi, peneliti, mahasiswa, dan peserta mandiri. Untuk lebih lanjut, dia menyarankan masyarakat untuk mengunjungi situs resminya di www.skim2013.unpad.ac.id. (inilahkoran.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.