Ratusan Siswa SDN Girikarya Antusias Ikuti Pesantren Kilat

oleh -20 views
Ratusan Siswa SDN Girikarya Antusias Ikuti Pesantren Kilat (sukabumizone.com)
Arrief Ramdhani
Ratusan Siswa SDN Girikarya Antusias Ikuti Pesantren Kilat (sukabumizone.com)
Ratusan Siswa SDN Girikarya Antusias Ikuti Pesantren Kilat (sukabumizone.com)

RATUSAN siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Girikarya, Desa Bojongkembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, sambut antusias bulan suci Ramadhan 2016 dengan pesantren kilat. Kegiatan yang sudah menjadi agenda sekolah di bulan puasa itu, diikuti sebanyak 127 siswa terdiri dari kelas satu hingga kelas enam.
Kepala SDN Girikarya Suhendi S. Pd melalui salah seorang guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Heti S. Ag mengatakan, pesantren kilat di selenggarakan untuk mengoptimalkan amalan ibadah agar peserta didik dapat melaksanakan ajaran agama, baik dilingkungan sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari. “Melalui kegiatan ini, siswa juga bisa memperdalam ilmu agama dan bisa dengan mudah mempraktekan dalam kehidupan sehari-hari, “kata Heti kepada www.sukabumizone.com setelah melaksanakan sholat dhuha berjamaah di ruang kelas bersama seluruh siswa Jum’at, (17/06).

Sementara, materi yang diajarkan dalam giat religi pesantren kilat tutur Heti, pihak sekolah telah memberikan pelajaran pada siswa untuk memahami keunggulan pada bulan suci Rmadhan, pengertian rukun Iman dan rukun Islam, bimbingan akhlak terhadap orang tua, taushiyah, membaca surat-surat pendek dan tajwidnya, hingga praktek tata cara berwudhu yang benar sampai solat berjamaah. “Pesantren kilat ini dapat menjadi daya dukung untuk mempermudah siswa dalam memahami materi keagamaan, “sahut perempuan ramah itu.

Ia menambahkan, pesantren kilat di bulan suci Ramadhan ini untuk menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan pemahaman, penghayatan serta pengamalan ajaran agama Islam di kalangan siswa. “Meski hanya dilaksanakan selama empat hari, diharapkan materi yang disampaikan dapat diserap oleh seluruh siswa SDN Girikarya,” tandasnya.

Menurutnya, pesantren kilat sangat penting dilaksanakan sebab dapat menekan kecenderungan negatif yang muncul dikalangan usia dini. “Dengan pembekalan agama, perilaku negatif tersebut, bisa ditekan dan diminimalisasi dan berubah menjadi perilaku positif dan produktif,” pungkasnya.(sukabumizone.com)