Ratusan Guru MTs Bahas Pengembangan Kurikulum 2013

Saturday 12 September 2015 , 2:39 AM
Ilustrasi pelatihan guru

Ilustrasi pelatihan guru

RATUSAN guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) se-Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, ikuti rapat koordinasi pengembangan Kurikulum 2013 tahun ajaran 2015-2016. Acara yang di pusatkan di Gedung KPDA Lembursitu itu, telah di gagas Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sukabumi yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru. Pasalnya, guru memiliki peranan paling integral dari organisasi pendidikan di Madrasah. Selain itu, guru memiliki peran yang strategis dalam rangka pembanguanan sumber daya manusia.

Ketua Tim Pengembang Kurikulum Madrasah Kemenag Kabupaten Sukabumi Wawan mengatakan, dalam Kurikulum 2013 terdapat empat elemen perubahan yang mendasar untuk pendidikan di MTs. Diantaranya, Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Proses, Standar Isi dan Standar Penilaian. “Semua elemen ini telah di bahas dalam kegiatan ini untuk di pahami oleh semua guru MTs. Sebab, peranan guru, pengawas dan kepala sekolah sangat sangat vital untuk memajukan mutu pendidikan di Madrasah, “kata Wawan kepada www.sukabumizone.com di sela-sela kegiatan Rabu, (09/09).

Pada Kurikulum 2013 hal yang paling penting dari kegiatan ini adalah pendekatan 5 M ( Mengamati, Menanya, Menyajikan, Menalar dan Mencoba ) yang dapat menciptakan pembelajaran yang aktif. ” Sebanyak 267 MTs yang ada di Kabupaten Sukabumi. Tetapi, sekitar 70 persen yang dapat menghadiri rapat koordinasi pengembangan Kurikulum 2013,” tuturnya.

Setalah mengikuti rapat koordinasi Kurikulum 2013 diharapkan wawasan guru semakin bertambah. ” Hal ini merupakan suatu langkah positif dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 bagi MTs sehingga ke depan bisa menjadi lebih baik. Apalagi bagi kelas tujuh metode pembelajarannya harus mengacu pada Kurikulum 2013, “pungkasnya. (sukabumizone.com)

Comments are closed.