Ramadan, Mendikbud Jarang Tarawih dengan Anak

oleh -3 views
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan
Arrief Ramdhani
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan

SETIAP muslim berlomba-lomba beribadah selama Ramadan, salah satunya menjalankan salat tarawih. Namun bagi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, bisa salah tarawih dengan anak dan keluarga di rumah adalah suatu kemewahan tersendiri.

“Ya karena ini, setiap buka puasa selalu ada acara. Anak yang paling bungsu biasanya kalau menunggu saya pulang, matanya sudah lima watt,” ungkapnya sembari bercanda dalam acara Buka Bersama di Komplek Widya Chandra, belum lama ini.

Meski sulit mencari waktu untuk salat tarawih bersama keluarga, pria kelahiran 7 Mei 1969 itu tidak melewatkan makan sahur dengan anak dan istrinya. Kebiasaan saat sahur, kata Anies, adalah dia mengonsumsi tiga hingga lima butir kurma.

“Setelah itu putih telur dan minum teh hangat,” imbuhnya.

Tak bisa selalu menemani buah hati menjalani ibadah puasa, Anies tetap mendorong anak-anaknya aktif selama Ramadan. Terutama, kata Anies, terlibat dalam kegiatan di masjid.

Menurut Mantan Rektor Universitas Paramadina itu, Ramadan juga menjadi salah satu kesempatan untuk menjalin silaturahim dengan sejumlah teman lama. Karena jika bukan saat Ramadan, momen untuk bertemu biasanya sulit didapat.

“Pengalaman saya, kita bisa bertemu dengan banyak kolega ketika ada acara buka bersama. Karena kalau enggak puasa biasanya sulit untuk bertemu. Itu sebabnya Ramadan ini menjadi penting bagi saya. Dan yang paling mencolok mungkin sekarang saya jadi tuan rumahnya, dulu ketika saya buka puasa ya datang saja,” jelasnya.

Suami dari Fery Farhati Ganis mengaku tidak ada makanan tertentu yang menjadi favoritnya saat berbuka puasa. Hanya saja, ada satu makanan yang menjadi kesukaannya.

“Semua makanan saya suka, kecuali yang tidak enak. Tapi ada satu makanan yang memang saya sukai yaitu Lengko Cirebon, sayang di sini tidak ada,” tambahnya.( news.okezone.com)