Raih Medali Emas KSN Nasional, Diknas Provinsi Sumsel Apresiasi MAN IC OKI

oleh -4 views

Lima siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mewakili Sumatera Selatan pada Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020. Salah satu di antara mereka berhasil meraih medali emas bidang Ekonomi. Selain itu, ada satu siswa MAN IC OKI yang mewakili Sumatera Selatan dalam National Schools Debating Champhionship (NSDC).

Mereka adalah Muhammad Dugi Alfaro Putra (peraih medali emas bidang Ekonomi), Azmi Dasa Al Arkaany dan Aizar Hafizh Soejadi bidang Fisika, Muhammad Akmal Ramadhan bidang Astronomi, dan Azzika Amalina bidang Geografi. Sementara yang ikut dalam NSDC adalah Azie Melza Pratama.

Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel menyambut baik prestasi yang ditorehkan siswa MAN IC OKI. Secara khusus, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Riza Fahlevi menyambut dan memberikan penghargaan kepada mereka. Apresiasi dan Penghargaan tersebut diterima Kepala MAN IC OKI Kiagus Faisal, berupa sertifikat dan 6 unit Tab.

“Alhamdulilllah terima kasih kepada Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel yang telah memberikan apresiasi kepada siswa kami. Ini adalah sebuah penyemangat kami dan siswa untuk terus menggapai prestasi,” kata Faisal di OKI, Rabu (13/01).

Tim Diknas yang ikut menyerahkan apresiasi ini Dwi Noprianto, mengucapkan terima kasih kepada orang tua, guru, pembimbing, serta seluruh civitas MAN IC OKI, khususnya Kepala Madrasah. Sebab dengan jerih payah dan pembinaan mereka, siswa-siswi tersebut bisa berprestasi.

”Saya berkeyakinan (prestasi) ini tidak instan, tapi melalui proses panjang, perjuangan, dan pengabdian,” terangnya.

Dia menjelaskan, hebat itu tidak jatuh dari ruang kosong. Hebat itu melalui proses. Karena itu, dia yakin orang tua siswa itu hebat, lingkungannya hebat, dan pendidikannya juga hebat. “Kami berterima kasih yang sedalam-dalamnya kepada orang tua yang telah mendidik anaknya menjadi generasi luar biasa,” tambah Dwi.

Faisal mengaku bangga dengan prestasi siswanya. Prestasi ini diharapkan menambah semangat mereka untuk terus berprestasi. ”Semoga di ajang-ajang yang lain dapat mengukir prestasi kembali,” harapnya.

Faisal menambahkan, MAN IC OKI saat ini sedang membuka Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) tahun pelajaran 2021/2022 secara online. Kuota peserta didik baru yang disediakan adalah 120 siswa baru. Pendaftaran secara online melalui www.insancendekia-oki.sch.id, dibuka sejak 11 Januari hingga 11 Februari 2021. SNPDB ini membuka dua jalur, yaitu jalur prestasi dan jalur tes.

Persyaratan online untuk SNPDB meliputi surat rekomendasi peserta didik terbaik dari Kepala Madrasah/Sekolah, surat rekomendasi dari Kepala Madrasah/Sekolah asal sebagai peserta didik berprestasi (OSN, KSM Nasional, OPSI, MYRES) serta penghargaan dari luar negeri yang merupakan lanjutan dari OSN seperti IMO, IBO, IphO, IchO, IOI, IgeO, IESO, IAO, IOAA, IEO, IEYI, dan ASPC, baik mendapatkan emas, perak, atau perunggu (khusus jalur prestasi).

Di samping itu, syarat lainnya adalah memiliki NISN, mengupload Pas Foto berwarna terbaru ukuran 3 cm x 4 cm (max 300 KB); serta fotokopi raport yang telah dilegalisir semester 3, 4 dan 5, akte kelahiran, kartu keluarga sejahtera (KKS) atau Kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) (bagi pendaftar yang mengajukan beasiswa pendidikan). (kemenag)