Puluhan Robot “Serbu” Untar

oleh -24 views
Ilustrasi (andi-galip.blogspot.com)
Arrief Ramdhani
Ilustrasi (andi-galip.blogspot.com)
Ilustrasi (andi-galip.blogspot.com)

PULUHAN robot dari 30 perguruan tinggi di Indonesia hari ini menyambangi Universitas Tarumanagara. Tidak seperti Decepticon, tokoh robot jahat dalam film Transformers, robot-robot itu datang dengan damai. Bahkan, mereka siap unjuk gigi dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) 2014 Tingkat Regional II.

Robot-robot tersebut datang dari kampus di Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Hingga 26 April 2014, mereka akan berlaga di lima divisi, yaitu: Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe beroda; Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe berkaki; Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI).

Ketua Panitia KRI Regional II di Jakarta Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan, S.T., M.T,  menjelaskan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menunjuk Untar sebagai tuan rumah penyelenggaraan KRI 2014 Tingkat Regional II yang merupakan persiapan menuju Kontes Robot Indonesia (KRI) 2014. Nantinya, pemenang KRI 2014 akan menjadi wakil Indonesia dalam kontes ABU Robocon 2014 di Pune, India, 24 Agustus 2014.

“Ketentuan pertandingan KRAI-2014 mengacu kepada aturan baku dari ABU Robocon 2014. Setiap tim terdiri dari tiga mahasiswa dan satu dosen pembimbing. Anggota tim akan merancang, membuat, mengoperasikan dan mengatur strategi robot manual dan robot otomatis yang akan digunakan dalam kompetisi tersebut,” tutur Dekan Fakultas Teknik Untar itu, seperti dilansir dari keterangan tertulisnya kepada Okezone, Jumat (25/4/2014).

Sementara itu, menurut Rektor Universitas Tarumanagara Prof. Ir. Roesdiman Soegiarso, M.Sc., Ph.D., perguruan tinggi wajib menumbuhkembangkan dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi civitas akademikanya. Tidak hanya secara teoritis, kreativitas dan inovasi dalam iptek tersebut harus diimplementasikan ke dalam dunia nyata.

“Pengembangan gagasan teoritis menjadi penerapan teknologi nyata harus dibuat sedemikian rupa agar menjadi menarik, dinamis dan tidak membosankan. Dan kontes robot ini menjadi salah satu sarananya,” ujar  Roesdiman.

Untar menerjunkan empat robot dalam KRI 2014 ini. Tim Robotics Untar akan berlaga di KRAI, KRPAI berkaki, KRSBI dan KRSI. Prestasi Robotics Untar pun cukup gemilang. Terakhir, mereka menjadi juara pertama dalam Kontes Robot Indonesia 2013 dan Juara kedua Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe berkaki 2013 Regional II di Politeknik Negeri Jakarta, Mei 2013. Masih pada tahun yang sama, mereka meraih Juara 2 Kategori Robot Berkaki Pemadam Api dan Penghargaan Robot dengan Algoritma terbaik di Kontes Robot Indonesia 2013 tingkat nasional di Semarang.

Selain di Jakarta, KRI tingkat regional juga digelar di Padang, Semarang, Malang, dan Mataram. Setiap pemenang dari tiap regional akan berlaga di Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional (KRI) 2014 pada 18-22 Juni 2014 di Yogyakarta.(kampus.okezone.com)

19 thoughts on “Puluhan Robot “Serbu” Untar

  1. Ping-balik: devops consultants
  2. Ping-balik: nam mo thay di chua
  3. Ping-balik: Click Here
  4. Ping-balik: Library
  5. Ping-balik: 메이저놀이터

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.