Pulang Kandang Dies Emas Fakultas Peternakan Unpad

oleh -5 views
Arrief Ramdhani

UNPAD-F.Peternakan

MENGINJAK usia emas, Fakultas Peternakan (Fapet) Unpad mengundang seluruh alumninya dari angkatan tahun 1963 hingga 2008 untuk hadir dalam gelaran Pulang Kandang Akbar. Kegiatan yang menjadi rangkaian dari Dies Natalis ke-50 Fapet Unpad tersebut digelar pada Sabtu (14/09) lalu dan bertempat di Plaza Fapet Unpad Kampus Jatinangor.

Dekan Fapet Unpad, Dr. Ir. Iwan Setiawan, DEA., dalam sambutannya mengungkapkan, di usia emasnya Fapet Unpad telah menghasilkan berbagai produk penelitian yang bisa langsung diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat.

“Penelitian tersebut diantaranya dalam bentuk produk komersial. Seperti, mineral Customix dan Agromix. Kemudian Biogas skala rumah tangga, hasil dari pemanfaatan kotoran sapi yang sudah disosialisasikan ke berbagai wilayah di Jawa Barat,” jelas Dr. Iwan.

Selain bersifat komersial, produk penelitian tersebut juga ada yang telah mendapatkan hak paten. Produk tersebut yaitu Produksi Bahan Pakan Unggas Melalui Proses Biokonversi Kakao, serta tiga buah penelitian yang termasuk ke dalam Mesin Sarana Penyembelih Unggas Semi Otomatis.

Dr. Iwan pun berharap, baik bagi para mahasiswa maupun lulusan dari Fapet Unpad mampu menguasai bidang peternakan secara menyeluruh melalui penelitian-penelitian yang telah dilakukan. Sehingga, ke depan akan banyak lagi dihasilkan berbagi produk penelitian yang bermanfaat.

Salah seorang alumni Fapet Unpad yang kini menjabat sebagai Managing Director Corporate BankingPT. Bank Mandiri, Fransisca Nelwan Mok menuturkan, peran nyata seorang alumni Fapet Unpad melalui karya-karyanya sangat dibutuhkan khususnya untuk kemajuan bangsa.

Fransisca pun mengajak seluruh lapisan alumni dan mahasiswa Fapet Unpad untuk mampu merapatkan barisan dalam rangka memakmurkan Indonesia melalui semangat kekeluargaan.

Memperingati Dies Natalis ke-50 Fapet Unpad, serangkaian kegiatan pun telah dilakukan. Kegiatan tersebut diantaranya Pelatihan Pakan dan Pengelolaan Limbah Untuk Masyarakat dan Pengusaha, Pelatihan Pengelolaan Sapi Potong, Pelatihan Pengolahan Produk Peternakan untuk Siswa SMK di Jatinangor, Pelatihan Judging Ternak, Funbike, Kontes Ayam Pelung, Ketangkasan Domba, Kontes Ternak, International Lecture, serta Studium Generale Entrepreneurship Bank Mandiri oleh Fransisca Nelwan Mok.

Di bulan Desember mendatang, Fapet Unpad pun akan menggelar Diskusi Kurikulum dengan Staf ILRI, seminar nasional dan diskusi ilmiah, serta kegiatan Dosen Goes to Farma.(unpad.ac.id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.