PSM ITB Gelar Festival Paduan Suara

Saturday 24 January 2015 , 10:34 AM
Ilustrasi.(tendi-nugraha.blogspot.com)

Ilustrasi.(tendi-nugraha.blogspot.com)

KETUA Divisi Acara Festival Paduan Suara ITB Dhimas Bayu Anindito mengatakan, FPS XXIV ITB ini akan digelar pada 27 Januari hingga 1 Februari 2015 mendatang.
“Tema yang kami angkat kali ini adalah Harmony in Diversity,” ujar Dhimas saat jumpa wartawan di Ruang Rapim A Rektorat ITB Jalan Tamansari, Kota Bandung, Kamis (22/1).

Dhimas menjelaskan, dalam kesempatan yang sama juga diselenggarakan 2nd ITB International Choir Competition pada 3 Februari hingga 7 Februari 2015 mendatang.

“Kegiatan itu merupakan ajang berkumpulnya paduan suara dari berbagai daerah, suku, ras, bangsa yang berbeda. Tentunya juga semua kelompok tersebut mempertunjukkan seni musik sebagai bahasa universal sebagai pemersatu,” terangnya.

Dhimas Bayu Anindito mengatakan, ada beberapa kategori pada dua acara yang diselenggarakan oleh PSM ITB.

Untuk FPS XXIV kali ini dilombakan lima kategori, yakni paduan suara anak setingkat SD, paduan suara anak setingkat SMP, paduan suara remaja setingkat SMA, paduan suara campur, dan paduan suara lagu rakyat Indonesia.

“Ada lima kategori hingga saat ini pesertanya sudah terkumpul 65 peserta untuk kategori yang berbeda-beda,” ujar Dhimas.

Sementara, 2nd IICC melombakan empat kategori yakni mixed youth choirs, adult choir historical, adult choirs free, dan floksong choirs.

“Kategori keempat yang sebelumnya ada yaitu contemporary acapella performance hanya dijadikan ekshibisi karena masih dalam masa perintisan,” terangnya.

Ketua Divisi Materi Lomba FPS XXIV ITB Angelia mengatakan, FPS XXIV merupakan kegiatan yang tak hanya sekadar festival paduan suara, melainkan tempat pelatihan teknik vokal.

Dalam kesempatan tersebut akan ada temu juri yang memperbolehkan peserta untuk bertemu dengan para juri untuk mengevaluasi penampilan peserta saat berkompetisi.

“Ada pula kegiatan workshop yang diadakan selama acara,” ujar Angelia saat jumpa wartawan di Ruang Rapim A Rektorat ITB Jalan Tamansari, Kota Bandung, Kamis (22/1).

Workshop bertujuan menjadi sarana pelatihan teknik vokal paduan suara yang akan dipandu oleh ahli paduan suara dan tokoh musik.

“Selain itu, ada nada guest concert yang merupakan program istimewa yang mengundang vokal grup profesional dari mancanegara untuk mengadakan konser tamu,” terangnya.

Semua rangkaian tersebut diadakan untuk menunjang dunia paduan suara nasional bahkan internasional. (inilahkoran.com)

Comments are closed.