Psikologi Pendidikan Berperan Stategis dalam Mengembangkan Kapasitas Guru

oleh -7 views
berita.upi.edu
Arrief Ramdhani
berita.upi.edu
berita.upi.edu

GURU mempunyai peran yang sangat strategis dalam peningkatan mutu pendidikan. Dalam peningkatan mutu pendidikan tersebut seorang guru perlu memiliki kapasitas yang bermutu. Untuk mengembangkan mutu kapasitas guru, berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah diantaranya kebijakan UU Nomor 14 Tahun 2005, tentang guru dan dosen. Dalam pasal 8 dinyatakan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikasi pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan/kapasitas untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Dalam kegiatan belajar mengajar peran guru adalah vital, guru diposisikan sebagai key person, berhasil atau tidaknya sebuah proses pendidikan.

PERKEMBANGAN VIRUS CORONA

Berita Selengkapnya

“Sebagai seorang yang memiliki peranan penting maka untuk membantu mengembangkan kapasitas yang akan memperlancar pekerjaannya, seorang guru terlebih dahulu harus mempelajari tentang psikologi pendidikan”, ungkap Prof. Juntika Nurihsan, M.Pd,  pada Seminar Nasional Psikologi Pendidikan, Sabtu (23/11) di Auditorium SPs UPI Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung.

Menurutnya, pengetahuan tentang psikologi pendidikan diperlukan oleh seorang guru karena sebagai seorang pendidik akan menghadapi peserta didik yang unik dan berbeda antara peserta didik yang satu dengan peserta didik yang lainnya baik dari prilaku, kepribadian, sikap, motivasi, kecerdasan dan berbagai aspek psikologis lainnya.

“Dengan demikain, seorang guru dapat memberikan perlakuan yang tetap sesuai dengan karakter siswa sehingga proses pembelajarannya dapat berhasil seperti apa yang diharapkan”, kata Juntika.

Selain itu, peran Psikologi pendidikan dalam mengembangkan kapasitas guru, menurut ia, seorang guru harus terus belajar bagaimana guru lain belajar dan juga belajar melakukan refleksi tentang dirinya dalam proses belajar dan proses mengajar di kelas.(berita.upi.edu)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.