PROGRAM BOS SMA 2014

oleh -6 views
Ilustrasi Dana Bos
Arrief Ramdhani
Ilustrasi Dana Bos
Ilustrasi Dana Bos

UNTUK mendukung Program Pendidikan Menengah Universal (PMU), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk SMA di seluruh Indonesia. BOS SMA berupa pemberian dana langsung kepada SMA negeri dan swasta untuk membantu memenuhi Biaya Operasional Non- Personalia Sekolah.

Melalui bantuan ini, diharapkan sekolah memiliki kemampuan membiayai operasional sekolah untuk memberi layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu terutama bagi siswa miskin. Besaran bantuan dihitung berdasarkan jumlah siswa dengan besaran Rp1 juta per siswa per tahun.

Penyaluran dana BOS pada tahun 2014 dilakukan dua tahap, yakni untuk periode Januari-Juni dan Juli-Desember 2014. Untuk periode pertama, sebagian sudah tersalur dan jika masih ada yang belum, berarti masih menunggu singkronisasi data dalam kegiatan RPKS di tingkat provinsi.  Sedangkan penyaluran tahap kedua akan dilakukan setelah dilakukan verfikasi data dalam kegiatan RPKS di tingkat provinsi.

Penggunaan dana BOS SMA adalah untuk membantu sekolah memenuhi biaya operasional sekolah non personalia. Khusus untuk penyaluran dana pada periode pertama sebagian akan digunakan untuk pembelian buku Kurikulum 2013.

Pada tahun 2014 ini, alokasikan dana BOS SMA senilai Rp4,3 triliun. Bantuan ini disalurkan sebagai wujud keberpihakan terhadap siswa miskin atas pemberian dana BOS, sekolah diwajibkan untuk memberikan kompensasi membebaskan (fee waive) dan/atau membantu (discount fee) siswa miskin dari kewajiban membayar iuran sekolah dan biaya-biaya untuk kegiatan ekstrakurikuler. Bagi sekolah yang berada di kabupaten/kota/provinsi yang telah menerapkan pendidikan gratis, sekolah tidak diwajibkan memberikan pembebasan (fee waive) dan/atau membantu (discount fee) siswa miskin.

Pelaksanaan program BOS SMA mengikuti pedoman yang disusun oleh Pemerintah, dengan mengutamakan konsep manajemen berbasis sekolah (MBS) yaitu dilaksanakan secara swakelola dan partisipatif, transparan, akuntabel, demokratis, efektif, efisien, tertib administrasi dan pelaporan, serta saling percaya. Kami menyadari bahwa petunjuk teknis ini masih memerlukan penyempurnaan secara berkala, namun demikian kami berharap dapat memberikan layanan pendidikan menengah yang terjangkau dan bermutu bagi seluruh siswa. (psma.kemdikbud.go.id)

Informasi lebih lengkap silahkan download Petunjuk teknis BOS SMA di (psma.kemdikbud.go.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.