Pramuka & Kopassus Bersihkan Sampah di Kali Ciliwung

oleh -29 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

JAM baru menunjukan pukul 08.00 WIB, namun kawasan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) di Komplek Kopassus Cijantung, sudah dipenuhi sebanyak 512 anggota Pramuka dari berbagai gugus depan di Jakarta. Kwarnas Gerakan Pramuka dan Kopassus kembali turun membersihkan Kali Ciliwung dari kotoran sampah.

“Kegiatan ini bekerjasama dengan Kopassus,” jelas Nurdin Hasan, Andalan Nasional Gerakan Pramuka di lokasi, Sabtu (15/8/2015).

banner 728x90

Wakil Ketua Kwarnas Bidang BUMGP Rafli Effendi, mengaku bangga dengan kegiatan yang dilakukan Pramuka dengan membersihkan sampah di Kali Ciliwung. Menurutnya, pada periode Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault ini pengabdian kepada alam dan masyarakat terus ditingkatkan, hal ini juga menjadi tema dalam Hari Pramuka Ke-54 tahun ini.

“Saya kaget, meskipun ini hari libur ternyata anggota Pramuka yang hadir banyak sekali. Terima kasih juga kepada kakak-kakak dari Kopassus yang sudah banyak membantu,” kata Rafli Effendi.

Selain membersihkan Kali Ciliwung, anggota Pramuka juga menanam pohon, membersihkan bantaran sungai, belajar mendaur ulang sampah dan penyebaran benih ikan.

“Untuk pembersihan sungai, anak-anak Pramuka sudah menguasai karena sudah terbiasa, kita mengingatkan saja agar hati-hati,” kata Kak Susi Yuliati, Wakil Ketua Kwarnas Binawasa.

Diana (16), salah satu anggota Pramuka mengatakan kegiatan ini beda. Dia berharap Pramuka semakin dikenal secara utuh oleh masyarakat bukan hanya tepuk tangan, seragam dan baris berbarisnya.

“Saya senang ikut kegiatan ini. Dapat pengalamannya beda. Kita terjun langsung soalnya, jadi terasa kalau sampah yang kita buang bikin rusak lingkungan dan merepotkan orang,” ujar Diana.

Aksi bersih Kali Ciliwung ini juga merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Pramuka Ke-54. Upacara puncak Hari Pramuka Ke-54 akan diadakan pada Minggu 16 Agustus 2015 sore di Lapangan Utama, BumiPerkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga selaku Ketua Mabinas Gerakan Pramuka dan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault dipastikan hadir dalam acara puncak tersebut.(news.okezone.com)