Pramuka Akan Jadi Kegiatan Co-kulikuler

oleh -6 views
Ilustrasi (berita.upi.edu)
Arrief Ramdhani
berita.upi.edu
berita.upi.edu

PRAMUKA akan menjadi kegiatan co-kulikuler di sekolah, bukan lagi sekadar ekstrakulikuler. Hal ini jika gerakan pramuka sudah resmi berada bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, bukan lagi di bawah Kementrian Pemuda dan Olahraga.

Hal tersebut diutarakan Ketua Kwarnas Pramuka Adhiyaksa Dault di Jakarta, Kamis, 15 September 2016, saat pelantikan majelis pembimbing dan pimpinan Satuan Karya Pramuka Widya Budaya Bakti tingkat nasional, pergantian antar waktu masa bakti 2014-2018. Pelantikan berlangsung di Gedung Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dia menuturkan, ditargetkan struktur koordinasi Kwarnas Pramuka bisa berada di bawah Kemendikbud mulai 2017 mendatang. “kami diamanatkan untuk tidak lagi berada di bawah kemenpora, melainkan Kemendikbud. Namun demikian ini tidak mudah, karena harus melalui sejumlah proses. Namun kami berharap ini bisa segera terealisasi setidaknya di tahun 2017 mendatang,” ujarnya.

Sejak tahun lalu, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah melakukan upaya untuk memindahkan struktur organisasi menjadi di bawah naungan Kemendikbud. Proses yang dilalui cukup panjang, karena berbenturan dengan UU kepemudaan.

Namun ia optimistis target 2017 untuk gerakan pramuka bisa berada di bawah Kemendikbud akan bisa tercapai. Hal ini bukan hanya untuk memperkuat gerakan pramuka, melainkan juga dapat memperkuat program berkelanjutan Kemendikbud dalam hal pendidikan karakter.

Terdapat perbedaan fungsi jika gerakan pramuka menjadi co-kulikuler, yakni kegiatan akan diwajibkan dan akan berperan untuk menjadi penyempurna kurikulum terutama pendidikan karakter. Berbeda dengan halnya ekstrakulikuler yang hanya menjadi kegiatan pilihan bagi siswa di luar jam belajar.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengaku menyambut positif rencana tersebut. “Mudah-mudahan segera terealisasi. Kami menyambut gembira. Namun kami tentu menunggu ketuntasan proses yang tengah berlangsung,” tutur Muhadjir yang juga dilantik menjadi Ketua Satuan Karya Widya Budaya Bakti (SWBB) masa bakti 2014-2018.( pikiran-rakyat.com)