Politeknik Indramayu Berubah Status Menjadi Negeri

oleh -11 views
Arrief Ramdhani

Politeknik indramayu

POLITEKNIK Indramayu berubah status menjadi politeknik negeri. Dengan demikian, di Jawa Barat terdapat empat politeknik negeri, yakni Politeknik Bandung, Politeknik Manufaktur Bandung, Politeknik Subang, dan Politeknik Indramayu.

Perubahan status Politeknik Indramayu menjadi negeri diresmikan di Mabes TNI Surabaya, Senin (6/10/2014), oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam peresmian di Surabaya itu, terdapat 12 perguruan tinggi lainnya yang diresmikan statusnya menjadi PTN.

Direktur Politeknik Negeri Indramayu, Casiman Sukardi menuturkan, tujuan utama dari perubahan status adalah meningkatkan partisipasi kasar, atau tingkat partisipasi penduduk secara umum di tingkat perguruan tinggi.

Menurutnya, biaya untuk belajar di PTN tidak sebesar PTS. Dengan demikian, diharapkan jumlah penduduk yang berminat memasuki jenjang perguruan tinggi bisa meningkat.

“Bagi pihak kami sendiri, tentunya meringankan beban operasional. Apalagi di sini banyak praktek yang menggunakan berbagai macam alat. Bantuan dari pusat tidak dibatasi,” katanya, Selasa (7/10/2014).

Dia menambahkan, setelah perubahan
status menjadi negeri, akan terdapat masa transisi selama lima tahun. Masa transisi itu terutama berkaitan dengan status pegawai Politeknik Indramayu yang saat ini bukanlah pegawai negeri sipil. “Status pegawai dialihkan nanti. Kalau bisa lima tahun pertama beres,” katanya.

Casiman menuturkan, proses perubahan status telah berjalan selama dua tahun. Sebelumnya, komposisi pemilik kampus yang berdiri di lahan seluas 10 hektare itu terdiri dari pemerintah pusat, Pemkab Indramayu, dan yayasan.

Menurutnya, tahapan-tahapan, seperti studi kelayakan, pengajuan ke bupati, gubernur, DPR, sampai Dikti telah berlangsung selama dua tahun tersebut.(pikiran-rakyat.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.