Polisi Siswa Ciasem-Subang, Dilibatkan mengatur Mudik Lebaran

oleh -33 views
Polisi Siswa Ciasem-Subang Dilibatkan mengatur Mudik Lebaran
Arrief Ramdhani
Polisi Siswa Ciasem-Subang Dilibatkan mengatur Mudik Lebaran
Polisi Siswa Ciasem-Subang
Dilibatkan mengatur Mudik Lebaran

PULUHAN Polisi Siswa (Polsis) yang berasal dari sekolah di Kecamatan Ciasem dilibatkan untuk mengatur lalu lintas mudik lebaran tahun ini. Polisi siwa tersebut ditempatkan di Pasar Sukamandi dan Ciasem Subang.

Menurut Pembina Pramuka Shaka Bhayangkara, Hilman Fasya, tugas mereka tidak lain untuk membantu masyarakat saat menyebrang dari arah Pasar Sukamandi maupun sebaliknya. Nantinya pada saat mudik,sepanjang hari secara bergantian mereka dengan sabar mengatur warga yang hendak menyebrang.

“Kita mulai tugaskan H-7 sampai H+7 dan para polisi siswa tersebut mulai stanby diperempatan passer Sukamandi dan Ciasem sejak pukul 07:00 sampai pukul 17.00,” kata Hilman.

Jumlah polisi siswa yang akan diterjunkan terdapat sekitar 100 orang, yang merupakan gabungan Polisi siswa SMP dan Pramuka Shaka Bhayangkara Ciasem. Selain polisi siswa laki-laki, dilibatkan pula polisi siswa wanitanya. Mereka mendapat porsi tugas yang sama pada saat pelaksanaan nanti.

Keberadaan polisi siswa ini, kata Hilman, sangat membantu terutama akibat di perempatan pasar Sukamandi-Ciasem tidak ada jembatan penyebrangan, sehingga rawan kecelakaan. Apalagi saat musim mudik lebaran, keramaian disana hampir tak terkendali. “Belum lagi persoalan kemacetan akibat kendaran yang bertumpuk mengangkut pemudik, ditambah kemudian waraga yang berdatangan ke pasar yang letaknya persis dipinggir jalur utama jalur pantura,” tutur Hilman.

Menurut Hilman, polisi siswa tersebut  cukup terlatih untuk mengemban tugas. Saat tugas nanti, anak-anak umumnya sabar dan tak mengeluh dalam melakukan tugasnya kendati sedang berpuasa, walaupun cuaca terik dan panas mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. (Ahya Nurdin/Biro Subang).***

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.