Pola asuh pengaruhi kualitas anak

oleh -5 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

KEPALA Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Fasli Jalal menyatakan bahwa pola pengasuhan dapat memengaruhi kualitas dan tumbuh kembang anak.
“Pengasuhan berdampak pada kompetensi anak,” kata Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Fasli Jalal di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan, pengasuhan yang baik merupakan bagian dari fungsi keluarga.

“Penganut teori keluarga struktural fungsional menempatkan fungsi cinta kasih, fungsi sosialisasi dan pendidikan sebagai fungsi penting keluarga dalam menjaga keseimbangan sistem sosial,” katanya.

Untuk itu, BKKBN meresmikan Taman Anak Sejahtera “Kencana” sebagai wujud kepedulian instansi terhadap kesejahteraan pegawai.

“Ini merupakan program parenting yang nyata untuk pegawai BKKBN,” katanya.

Peresmian Taman Anak Sejahtera Kencana, menurut dia, merupakan tempat pengasuhan anak khususnya bagi para pegawai perempuan yang bekerja di BKKBN agar anak tetap mendapat pola asuh yang baik meski ibunya bekerja.

Taman Anak Sejahtera Kencana tersebut berlokasi di kantor BKKBN Pusat.

“Jadi pegawai wanita yang bekerja di BKKBN yang memiliki anak bisa bekerja dengan tenang karena ada tempat untuk pengasuhan putra-putrinya,” katanya.

Penyediaan Taman Anak Sejahtera Kencana itu sejalan dengan Peraturan Presiden RI Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif dimana di dalamnya menyebutkan salah satu unsur dari pendidikan anak usia dini adalah penyediaan tempat pengasuhan anak.

“Ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi orangtua bekerja dalam rangka mengasuh dan membina anak balita untuk dapat tumbuh kembang melalui lingkungan di luar rumah. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kedisiplinan kerja karyawan BKKBN dan meningkatkan produktifitas kerja,” katanya.(antaranews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.