Pilih Jurusan, Ikut Kemauan Orangtua Sampai Minat Sendiri

oleh -8 views
Ilustrasi
Arrief Ramdhani
Ilustrasi
Ilustrasi

MEMILIH jurusan kuliah adalah keputusan penting bagi setiap calon mahasiswa. Sering kali, para pelajar merasa bingung dan bimbang ketika harus menentukan jurusan kuliah yang mereka mau.
Namun, hal itu tidak berlaku bagi mahasiswi Universitas Nasional (Unas) Lusinta. Dia mengaku tidak bingung ketika pemilihan jurusan saat masuk ke jenjang kuliah.

“Tidak bingung, karena memang sudah minat dari awal untuk memilih jurusan jurnalistik, saya nyari ilmu komunikasi fokus ke jurnalistik,” ujar cewek kelahiran 10 Agustus 1993 itu, saat dirinya dan Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) Unas berkunjung ke Redaksi Okezone.

Senada dengan Lusinta, mahasiswa Unas lainnya yaitu Achmad Muhlis Firdaus juga tidak bingung ketika pemilihan jurusan.

“Enggak bingung, pertamanya sih memang masuk ilmu komunikasi dari awal. Soalnya kakak saya ilmu komunikasi juga di jurusan Public Relation,” ucap mahasiswa angkatan 2010 itu.

Namun, berbeda dengan mahasiswa lainnya. Nadila Oktaviolita malah bingung ketika dirinya akan memilih jurusan.

“Bingung milih jurusan, aku pilih masuk Unas sebenarnya karena keinginan orangtua, karena di situ ada saudara. Jadi, keinginan orangtua, biar disatuin sama saudara yang di situ,” kata ketua Himakom Unas itu.

Nadila bertutur, dirinya saat di jenjang SMA mengambil program studi (prodi) IPA. Namun ternyata saat ini justru malah melenceng ke ilmu politik.

“Waktu awal masuk pun bingung sebenarnya mau ngambil jurusan apa, karena minatnya sebenarnya di kesehatan. Cuma karena dilihat dari jurusan, akhirnya ngambil ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Ilmu Komunikasi, Public Relation (PR),” imbuh cewek yang berasal dari Palembang itu.(kampus.okezone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.